Bunda, Yuk Dukung Aktif-Sehat si Kecil dengan Memberinya Nutrisi dan Stimulasi yang Tepat

Januari 29, 2019




Keseruan outdoor activity bareng Indomilk UHT kids full cream, Foto : dokumentasi pribadi

Bunda, kalau weekend biasanya mengajak si kecil jalan-jalan kemana nih?. Kalau saya biasanya rutin mengajak kedua buah hati saya bermain di luar ruangan atau biasa disebut outdoor activity. Bagi kami, outdoor activity tidak harus pergi ke tempat wisata yang populer, namun bisa dilakukan dimana saja, asalkan di ruang terbuka seperti misalnya taman kota, kebun dekat rumah, atau area bermain anak yang tersedia tak jauh dari rumah, yang terpenting lokasinya cocok untuk mendukung si kecil bebas bermain dan bereksplorasi.

Outdoor activity bagi anak yang mulai aktif ternyata sangat bermanfaat untuk tumbuh kembangnya, terlebih di era digital seperti sekarang ini, banyak anak yang cenderung lebih senang bermain gadget daripada bermain di luar rumah, padahal banyak efek negatif yang timbul jika si kecil terlalu banyak diberi jatah screen time.

Nah, buat Bunda yang belum  tahu tentang manfaat outdoor activity bagi si kecil, saya punya informasinya nih, dilansir dari mommiesdaily.com (14/9/2012), disana dijelaskan mengenai manfaat outdoor activity bagi si kecil berdasarkan pemaparan  dari psikolog anak dan keluarga, Anna Surti Ariani, diantaranya :
  • Manfaat fisik: dengan bergerak bertujuan (maksudnya bukan sekedar bergerak), anak akan belajar koordinasi motorik kasar, yang merupakan dasar dari segala keseimbangan tubuh dan pikiran. Anak juga belajar kelincahan, yang nantinya digeneralisasi untuk kelincahan berpikir. Banyak bergerak juga membuat anak lebih sehat tentunya, seperti misalnya terhindar dari obesitas atau kegemukan.
  • Manfaat kognitif: dengan bermain di luar ruang, anak akan lebih luas wawasannya, mulai dari wawasan lingkungan, sampai wawasan tentang segala strategi saat ia melakukan berbagai permainan. Luasnya wawasan itulah yang akhirnya bisa meningkatkan keluasan minat, juga bisa meningkatkan kreativitas untuk memecahkan berbagai masalah. Koordinasi motorik kasar yang baik meningkatkan kemampuan anak dalam berkonsentrasi, dan ini berkaitan dengan kemampuan daya ingat anak.
  • Manfaat bahasa: anak akan mendapatkan berbagai kosa kata tentang kehidupan di luar ruang. Ketika berinteraksi dengan teman-teman, ia juga belajar tentang bagaimana cara berkomunikasi dengan teman-temannya.
  • Manfaat emosi: anak belajar mengalami ragam emosi (senang, girang, sedih, marah, malu,  dll). Bermain di luar ruang dan banyak bergerak juga melepaskan tekanan emosi anak sehingga emosi negatif cenderung berkurang, sehingga anak akan terhindar dari stress.
  • Manfaat sosial: terutama didapat ketika anak bermain dengan anak lain. Mereka belajar bekerja sama dalam satu tim, belajar saling memengaruhi,saling menolong, dan berbagai ketrampilan sosial lainnya.  
Serunya bermain di luar, Foto : dokumentasi pribadi
Naura semangat sekali saat kami ajak bermain di luar, Foto : dokumentasi pribadi

Wah, ternyata outdoor acivity memiliki banyak manfaat untuk stimulasi tumbuh kembang si kecil ya, Bund, seperti stimulasi motorik kasar, stimulasi bahasa, emosi, dan kemampuan bersosialisasi. Nah sebagai orangtua tentu kita ingin ya kelak si kecil tumbuh menjadi pribadi yang baik, mandiri, cerdas, dan mampu bersosialisasi dengan baik, untuk itu yuk, mulai rutin  mengajak si kecil bermain di luar sebagai bentuk stimulasi yang baik bagi tumbuh kembangnya. 

Nah, melihat banyaknya manfaat dari outdoor acitvity tersebut, akhinya saya sebagai orangtua mulai rutin mengajak si kecil Naura untuk bermain di luar ruangan, seperti weekend kemarin misalnya, kami sekeluarga mengunjungi Wisata Paku Haji Cimahi yang lokasinya tak jauh dari rumah. Bagi kami, wisata Paku Haji Cimahi merupakan tempat wisata yang ramah anak, banyak sekali fasilitas menarik yang tersedia disana, seperti wisata berkuda,  kolam renang, wahana outbond seperti flying fox, camping ground, arena ber-swafoto, dan taman satwa, yakni semacam mini zoo yang
menyediakan berbagai jenis satwa seperti kambing, rusa,unggas, dan beragam jenis primata.

Naura berfoto di area taman satwa, Foto : dokumentasi pribadi

Si kecil Naura sangat senang bermain disana, terbukti ya dari ekspresinya saat berfoto, penuh senyum dan tampak semangat. Disana, Naura bebas berlari, bermain, dan bereksplorasi. Wahana yang menjadi favorit Naura adalah wisata berkuda, kolam renang, dan memberi makan aneka satwa. Namun sayang, saat kemarin kami berkunjung kesana, area taman satwa sedang menjalani renovasi sehingga otomatis kami tidak menemukan satwa disana, hanya ada beberapa jenis unggas.

Naura asyik berswafoto, Foto : dokumentasi pribadi

Ekspresi Naura menggemaskan sekali ya, Foto : dokumentasi pribadi

Bermain di luar jadi makin seru ditemani Indomilk UHT Kids Full Cream, Foto : dokumentasi pribadi
Sebagai ibu, bahagia ya rasanya melihat si kecil tumbuh sehat, aktif dan bahagia. Sejak di dalam kandungan, saya selalu berusaha memberikan nutrisi terbaik bagi calon buah hati tercinta, seperti mengonsumsi aneka makanan yang baik untuk mendukung pertumbuhan janin yakni makanan yang tinggi asam folat, zat besi, DHA, dan kalsium.

Kemudian setelah Naura lahir hingga berusia 6 bulan, ia saya beri ASI ekslusif yang dilanjutkan dengan memberi MPASI (Makanan Pendamping ASI) mengikuti standar WHO setelah Naura tepat berusia 6 bulan. Selain itu, dalam memilih susu, saya pun termasuk ibu yang selektif, terlebih di pasaran tersedia beragam  jenis dan merk susu untuk balita.

Setelah bertanya dan mencari ilmu tentang beragam jenis susu untuk balita, akhirnya saya putuskan untuk memberi susu UHT atau Ultra High Temperature. Mengapa ? Yuk, simak penjelasannya dibawah ini

Apa itu Susu UHT ?

Susu UHT berarti susu yang telah mengalami proses UHT (Ultra High Temperature), yakni proses sterilisasi dengan cara memanaskannya di atas 135 ° C (275 ° F) untuk membunuh bakteri patogen berbahaya yang terdapat di dalam susu. Nah, proses UHT ini berlangsung dalam waktu singkat, yakni hanya beberapa detik saja, sehingga kandungan nutrisi yang terdapat dalam susu tetap terjaga.

Susu UHT nantinya dikemas dalam wadah yang steril, jika belum dibuka dan tidak mengalami kebocoran maka produk akan bertahan selama 6-9 bulan dalam suhu ruang.

Karena rasanya yang masih segar dan alami, serta kandungan nutrisinya yang masih terjaga, serta praktis tentunya, membuat saya akhinya memutuskan untuk memberi susu UHT untuk si kecil Naura.


Tips Memilih Susu UHT untuk si Kecil

Nah, sebagai ibu kadang kita sering bingung ya, memilih merk atau produk susu yang cocok untuk si kecil, terlebih saat ini banyak sekali merk susu yang tersedia di pasaran. Jika kita ke minimarket saja misalnya, di rak susu berjejer aneka merk susu dengan berbagai jenis dan varian rasa, nah, makin bingung ya Bund jadinya.

Kalau saya pribadi, lebih memilih jenis dan produk susu UHT yang rasanya alami, tanpa pemanis, pewarna, dan pengawet tambahan, karena bagi saya yang memiliki riwayat keluarga diabetes, tentu penggunaan gula harus sangat diminimalisir, dan itu harus dibiasakan sedari kecil, nah hal itulah yang coba saya terapkan untuk buah hati saya yang notabene secara genetik lebih beresiko terkena penyakit tersebut.

Oh ya, Bund, satu lagi yang terpenting, pastikan susu UHT yang akan kita beli, adalah benar-benar susu yang diproses secara UHT ya, bukan susu bubuk yang dilarutkan dengan air, karena banyak lho merek susu yang dikemas mirip dengan susu UHT (dengan kemasan kotak atau tetrapack), namun setelah dilihat komposisinya ternyata susu tersebut bukanlah susu UHT, hanya susu bubuk yang dilarutkan dengan air dan bahan tambahan lainnya.

Nah, buat Bunda yang masih bingung memilih produk susu UHT yang cocok untuk si kecil, baik dari segi rasa maupun kandungan nutrisi, saya punya rekomendasi nih.

Taraaaa...
Ini dia.. Indomilk UHT Kids Full Cream 

Mengapa Saya Memilih  Indomilk UHT Kids Full Cream

Saya memilih Indomilk UHT Kids Full Cream untuk si kecil Naura karena beberapa hal dibawah ini Bund, yuk simak

1. Kandungan Nutrisinya Lengkap dan Seimbang


Kemasan Indomilk UHT Kids Full Cream,Foto : dokumentasi pribadi
 
Sebagai ibu, saya termasuk tipe yang selektif dalam memilih berbagai jenis asupan yang dikonsumsi si kecil, terlebih kandungan nutrisinya. Nah, dari informasi nilai gizi di kemasannya, kita bisa lihat bahwa ternyata susu Indomilk UHT Kids Full Cream ini tinggi fosfor, kalsium, dan vitamin D, serta merupakan sumber vitamin A, B1, dan B6.

Seperti yang kita ketahui, vitamin A berfungsi membantu mempertahankan keutuhan lapisan permukaan mata, sedangkan vitamin D berguna untuk membantu penyerapan kalsium dalam tubuh. Sementara, kalsium juga penting untuk pembentukan dan mempertahankan kepadatan tulang dan gigi.

Dengan mengonsumsi susu Indomilk UHT Kids Full Cream setiap hari, tentu saja akan sangat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian si kecil.

2. Indomilk, Brand Berkualitas dan Terpercaya Selama Puluhan Tahun

 

Logo Indomilk, Foto : dokumentasi pribadi

Susu Indomilk.. Susu untuk kita semuaa...

Ayo siapa yang sering mendengar jingle indomilk dan sering menyanyikannya?
Nah, saya yang saat ini berusia 28 tahun, sudah sangat akrab sekali dengan berbagai produk Indomilk, karena sedari kecil memang produk Indomilk ini sangat familiar di kalangan masyarakat.
Hal itulah yang membuat saya tidak ragu memberikan susu Indomilk UHT kids fullcream kepada Naura.

Indomilk selalu berupaya memberikan yang terbaik bagi para konsumen setianya, tentu saja, karena kualitasnya sudah teruji selama puluhan tahun, mulai dari memilih bahan susu sapi segar, sehat, dan berkualitas, kemudian pada proses pengolahannya pun menggunakan teknologi tinggi sehingga higienitasnya sangat terjaga, serta tentunya dikemas dengan kemasan yang aman dan aseptik. Hingga pada akhirnya, produk-produk indomilk akan sampai di tangan konsumen dengan kualitas yang masih terjaga.


3. Tidak Menggunakan Pemanis, Perasa, dan Pewarna

Informasi komposisi dan nilai gizi dalam kemasan, Foto : dokumentasi pribadi

Nah, seperti yang sudah saya paparkan diatas, indomilk UHT full cream ini  tidak mengandung pewarna, pemanis, dan pengawet, sehingga cocok dikonsumsi Naura yang saat ini berusia 3 tahun. Untuk lebih jelasnya Bunda bisa lihat gambar kemasannya diatas ya Bund.

4. Rasanya Enak, Segar dan Alami

 

Naura sedang menikmati kelezatan susu Indomilk UHT kids full cream, Foto : dokumentasi pribadi

Nah, kali ini saya akan membahas dari segi rasa, setelah saya coba memberikan susu Indomilk UHT kids full cream kepada Naura, ternyata dia sangat suka. Saya pun pernah mencobanya, ternyata rasanya memang masih sangat segar, alami, dan creamy ,sangat nyaman di lidah,  alhasil saya pun jadi ketagihan nih hehe.

5. Praktis & Harganya Terjangkau

Bunda tak lupa membawa Indomilk UHT Kids Full Cream untuk menemani Naura bermain

Kalau point yang terakhir ini rasanya paling cocok sama idealisme ibu-ibu seperti saya, hehe. Lumayan kaget nih saat melihat harga yang tertera di label minimarket, ternyata susu Indomilk UHT full cream ini harganya sangat terjangkau, hanya 3000 rupiah saja Bund, tentu worth it ya dengan kualitas kandungan nutrisi serta manfaat yang diperoleh si kecil.

Nah, yang terakhir, karena saya sering mengajak si kecil Naura bermain di luar ruangan, tentu saja susu Indomilk UHT kids full cream ini menjadi pilihan yang paling tepat untuk dibawa sebagai bekal. Tak perlu repot membawa termos air panas ya Bund, tinggal buka sedotannya kemudian tusuk, dan sluuurpp siap diminum si kecil.

Yuk, Berkreasi dengan Membuat Menu Bergizi dari Susu Indomilk UHT Kids Full Cream

Bunda, ternyata susu Indomilk UHT Kids full cream ini bisa kita gunakan sebagai bahan dasar untuk membuat aneka menu sehat si kecil lho,karena susu UHT memiliki rasa dan tekstur yang cocok digunakan untuk membuat berbagai jenis makanan.

Biasanya, saya menjadikan susu UHT sebagai bahan dasar untuk membuat puding, bubur jagung, kue cubit, macaroni schotel, aneka kue, dan lain-lain. Saya punya contoh foto makanannya nih, Bund (foto diatas). Buat bunda yang ingin coba membuatnya, saya lampirkan salah satu reseepnya saja ya, yakni silky puding susu UHT Indomilk UHT Kids Full Cream

Resep Silky Puding Susu Indomilk UHT Kids Full Cream ala Bunda Naura

Bahan :
1.Agar-agar bubuk coklat/plain
2. Gula Pasir secukupnya sesuai selera
3.Tepung maizena 2 sdm larutkan dengan sedikit air
4. Untuk susu dan airnya takarannya sbb : susu UHT coklat 500ml, susu UHT full cream 250 ml, air 125 ml

Cara membuat :
1. Campur gula dan agar agar bubuk
2. Tambahkan susu dan air lalu panaskan diatas kompor sambil diaduk terus
3. Setelah hampir mendidih, masukkan maizena yang sudah dilarutkan dengan air sedikit demi sedikit, aduk terus agar tidak menggumpal
4. Setelah matang, tuang ke dalam wadah, tunggu agak dingin lalu masukkan ke dalam lemari es sampai agar-agar mengeras

Nah, Bunda, bagaimana ulasan saya mengenai manfaat outdoor activity sekaligus review susu UHT Indomilk UHT kids full cream ?. Mudah-mudahan bermanfaat ya. Yuk Bunda, kita dukung tumbuh kembang si kecil dengan memberikan stimulasi dan nutrisi yang tepat agar ia bisa tumbuh cerdas, aktif dan sehat.  Nah, outdoor activity bisa menjadi salah satu pilihan untuk mendukung stimulasi tumbuh kembangnya. Sedangkan dalam hal nutrisi, saya percayakan kepada susu Indomilk UHT kids full cream sebagai salah satu asupan nutrisi yang baik bagi tumbuh kembangnya.



O ya, saya punya informasi nih, untuk Bunda yang memiliki anak berusia 2-5 tahun, serta memiliki blog aktif, Bunda bisa ikut kompetisi blog berhadiah jutaan rupiah lho,yuk lihat syarat dan ketentuannya disini.



You Might Also Like

31 komentar

  1. Betul mba, anak aktif itu sehat meski emaknya juga jadi ikutan aktif alias capek, wkwkwk tapi gapapa yang penting anak sehat. Makanya perlu juga nutrisi pendukung yang tepat kaya indomilk uht ini.

    BalasHapus
  2. Wa senengnya kalo si kecil aktif ya mba.. aku tadinya mau ikut lomba ini tapi kepentok umur wehehehehe. Good luck mba, semoga menang.

    BalasHapus
  3. ponakan aku juga lebih doyan susu UHT. Dia gak demen susu sebenernya, tapi kalo susu UHT masih mau, hehe. Tapi emang lebih sehat juga sih ya. Naura gemesin banget sih hehe.

    BalasHapus
  4. Anak saya juga masih konsumsi susu ini mbak. Insyaallah bisa menunjang aktivitasnya yang suka banget sama sepak bola.

    BalasHapus
  5. Anakku juga paling suka diajak main outdoor. Energinya seolah gak ada habis-habisnya, padahal udah lari-lari,lompat-lompat, manjat, dll. Emaknya aja capek liatnya...

    BalasHapus
  6. Hiii...gemes lihat Naura. Pintar banget foto-foto, pasti karena habis makan pusing susu indomilk buatan bunda.

    BalasHapus
  7. Makasih resepnya mbaa

    Anak saya jalan2 sih sekitaran rumah aja palingan atau kalau enggak y ke luar kotaa

    BalasHapus
  8. Indomilk ini termasuk salah satu brand yang bertahan lama, ya. Kalau nggak berkualitas, pasti nggak akan bertahan selama puluhan tahun begini. Salam sayang buat Naura, yaaa ...

    BalasHapus
  9. hay, Naura ... salanm sayang dari Pemalang ya ... susu Indomilk memang ga diragukan lagi kualitasnya. sulung saya juga minum susu ini ...

    BalasHapus
  10. Wah lengkap banget ini artikelnya, ada ulasan, tips sekalian resepnya..
    Dan itu Naura, Masya Allah, sehat dan aktif yaaa...senengnya bisa main di luar dan tetap tercukupi nutrisinya.
    Memang kita mesti pertimbangkan juga pemilihan susu ini ya Mbak...Jangan sampai kemasan sama ternyata bukan UHT isinya. Mesti periksa komposisinya.
    Saya baru tahu lho kalau ada susu bubuk terus dikemas lagi.
    Soalnya anak-anak sudah besar jadi beli susunya UHT Indomilk yang 1 lt bukan yang kotak kecil lagi. Tapi senang sekali ada UHT Indomilk Kids Full Cream ini. Jadi meski berkegiatan di luar gizi dari susu untuk anak tetap terpenuhi.

    BalasHapus
  11. Anakku juga suka banget susu. Diulas dengan komplit dan detail banget. Thanks infonya ya mbak ;)

    BalasHapus
  12. Keren artikelnya, Mbak. Lengkap ini.
    Iyes, anak saya pun suka sekali bermain di luar rumah. Lebih bebas bereksplorasi. Emaknya pun juga bisa sekalian berolahraga, hehe.
    Trus, sama juga nih kesukaannya Indomilk UHT Kids Full Cream. Sip.

    BalasHapus
  13. Kok sama seperti anak-anak saya. Mereka lebih senang minum susu UHT dibanding susu bubuk. Kalo bagi saya sih selain manfaat lagi juga praktis. Tinggal sruput. Saya juga suka yang coconut delight

    BalasHapus
  14. Jujur, saya gagak fokus dengan pudingnya �� Mau nyoba bikin. Pasti enak banget karena ada tepung maizenanya yg bikin lembut.

    BalasHapus
  15. aku juga suka uht. keponakanku dua duanya minum susu. Jadi tinggi menjulang anaknya.

    BalasHapus
  16. Jangankan anak-anak, saya juga masih suka konsumsi susu UHT pack besar. Apalagi diminum dalam keadaan dingin hmm

    BalasHapus
  17. Wah, ada resepnya juga. Makasih infonya, Mbak πŸ˜ŠπŸ‘πŸ˜˜

    BalasHapus
  18. Kayaknya banyak yang review susu UHT ya, BW kemarin juga ada. Ide menulis bisa dari mana saja ya.. Kalau susu ini mah, nggak hanya anak-anak yang suka, sy juga suka Mbak,,,hehe, anakku yang paling kecil doyan banget, sekali seruput langsong bocor deh.

    BalasHapus
  19. Susu UHT bagus juga buat perkmbangan pertumbuhan anak. Eh dewasa juga bisa minum ini kan mb?

    BalasHapus
  20. kalau susu UHT begini sih saya juga mau. wkwkwk..
    jangankan anak kecil. saya pun suka.

    BalasHapus
  21. suka banget sama susu ini...praktis dan ekonomis...

    BalasHapus
  22. Iyw mbk, ternyata beraktifitas di luar banyak manfaatnya ya. Tapi, Emaknya aja yg ngosngosan ngawasin dan ngejar anak yg lari kemana2.
    Mkasih lho mbk, resep silky puddingnya. Besok2 mau nyoba ah seperti enak dan lembut.

    BalasHapus
  23. Apalah mau dikata. Saya belum punya anak. Doakan ya supaya kami segera punya anak dan menerapkan ide-ide seru ini

    BalasHapus
  24. Wah, kk Nauranya ceria banget ya BundπŸ˜„ bayi saya masih ASIX eh besok udah masuk MPASI sih in syaa Allah, smg bisa lanjut sampe 2 tahun dan setelah itu juga rencana pengen kasih si kecil susu UHT. Lewat tulisan ini, sy jadi dapat recommended susu UHT yg bagus nih😊

    BalasHapus
  25. waaaa boleh nih dicoba resepnya, dan yang bakalan suka gak suka anak-anak, Bundanya juga doyannn :D

    BalasHapus
  26. Anak-anak juga suka banget minum UHT, dan selalu dibekali ke sekolah juga, Mbak...apalagi abis main ya haus pasti :D

    BalasHapus
  27. Setuju sekali banyak manfaat yang didapat ananda dari bermain di outdoor. Seperti yang dulu pernah kita rasakan ya Mbak😊

    BalasHapus
  28. Wah ternyata banyak manfaatnya ya mbak ngajak anak-anak beraktivitas di luar, kadang juga kelihatan sih kalau mereka happy main di luar hihi.

    Btw anak saya juga penggemar indomilk, diganti merk lain malah gak diminum

    BalasHapus
  29. Susu Indomilk ini salah satu kesukaan anak saya juga mbak, dan setuju banget, outdoor activity banyak membantu tumbuh kembang anak-anak.

    BalasHapus
  30. Alhamdulillah dengan adanya susu UHT ini support nutrisi anak-anak jadi kebantu banget ya mom

    BalasHapus
  31. Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
    mampir di website ternama I O N Q Q
    paling diminati di Indonesia

    BalasHapus