5 Tips Jitu Atasi Mood Swing Berlebih Saat PMS

Februari 10, 2019

Ilustrasi mood swing, Foto : unsplash


Apa yang pertama kali muncul dibenak kita mendengar kata "PMS"? , marah-marah?, sensi?. . Haha, iya memang, menjelang si tamu bulanan datang atau biasa kita sebut PMS (Pre Menstrual Syndrome), sebagian besar wanita terkadang jadi cenderung mudah terpancing emosi, labil, dan mellow. Baru aja bahagia, senang-senang eh beberapa menit kemudian tiba-tiba sedih nggak jelas. Cung yang sering mengalaminya??

Rasanya nggak nyaman banget ya, terlebih jika rasa tak mengenakkan tersebut tak hanya "menyerang" jiwa kita tapi ternyata  mampu membuat kondisi fisikkita  juga ikut terganggu, seperti misalnya kram perut, nyeri punggung, atau sakit kepala. Lalu gimana cara efektif untuk mengatasi mood swing ini ?.

Mood Swing saat  PMS ternyata berkaitan erat dengan naik turunnya hormon estrogen di sepanjang siklus menstruasi. Dilansir dari hellosehat.com salah satu penyebab mood swing saat PMS diantaranya karena adanya ketidakseimbangan antara hormon dan senyawa kimia otak yang berhubungan dengan pengaturan suasana hati.

Nah, buat kamu yang ingin mencegah dan mengatasi mood swing berlebih saat PMS, yuk coba terapkan 5 tips berikut :

1. Mendekatkan Diri Kepada Allah

Membaca AlQur'an mampu membuat hati menjadi tenang, Foto : unsplash
Hal pertama dan utama untuk mengatasi mood swing berlebih saat PMS yakni dengan berdzikir atau mengingat Allah. Melakukan dzikir dan ibadah kepada Allah tentunya akan membuat emosi kita cenderung lebih stabil. Kita tentu ingat kan dengan hadits ini ?

  "Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tentram." (Q.S. Ar-Rad : 28)


Banyak amalan sunnah harian yang efektif membuat hati kita menjadi tenang, tentram, dan bahagia, diantaranya rutin membaca mushaf Al-Qur'an, membaca dzikir pagi-petang, shalat wajib dan  sunnah, serta mendengar kajian atau ceramah agama.

2. Istirahat yang Cukup

 

Istirahat mampu menjaga badan dan pikiran tetap fit, Foto : usnplash

 

Istirahat yang cukup penting banget untuk menjaga kondisi stamina dan pikiran kita agar tetap fit. Usahakan tidur yang cukup di malam hari, jangan begadang ya, karena begadang atau tidur terlalu larut bisa menyebabkan stress di esok hari. Jika ada waktu, apa salahnya kita menerapkan qailullah atau tidur/beristirahat sejenak di siang hari, bukankah itu juga salah satu sunnah Rasulullah ?. Apalagi untuk ibu-ibu yang memiliki balita, tidur siang bermanfaat agar kondisi badan dan pikiran kita tetap fresh di tengah padatnya rutinitas merawat si kecil dan mengerjakan berbagai urusan domestik.

3. Perbanyak Asupan Gizi

Mengonsumsi makanan bergizi ternyata mampu membantu menjaga mood kita, Foto : unsplash

 

Ternyata ada hubungan yang bermakna antara makanan yang kita konsumsi dengan kondisi mood kita. Menjelang menstruasi, hindari mengonsumis junk food serta makanan dengan kandungan garam dan gula yang tinggi.

Makanan yang baik untuk dikonsumsi saat PMS diantaranya :
  • Karbohidrat Kompleks, menurut penelitian, konsumsi karbohidrat kompleks dalam jumlah yang cukup ternyata mampu mempengaruhi produksi hormo serotonin alam tubuh yang berfungsi untuk menekan terjadinya fluktuasi atau perubahan emosi. Jenis karbohidrat kompleks diantaranya kentang, jagung, dan gandum.
  • Berbagai jenis sayuran hijau seperti sawi, bayam, dan brokoli.
  • Makanan yang mengandung vitamin B kompleks, terutama Vitamin B6, seperti daging, ikan dan telur.
  • Makanan yang mengandung vitamin E, kalsium, magnesium, serta omega-6 (asam linoeat gamma GLA)

4. Rutin Berolahraga

 

Yuk, rutin berolahraga agar kondisi badan dan pikiran kita tetap prima, Sumber : unsplash

 

Tentu kita sudah paham bahwa olahraga sangat bermanfaat tak hanya bagi kesehatan badan atau fisik, namun juga bagus untuk"kesehatan" pikiran dan jiwa kita. Dengan rutin berolahraga, tubuh akan mudah untuk memproduksi hormon endorphin yang baik untuk kesehatan jantung, karena mampu memperlancar aliran darah, sehingga daam hal ini juga akan mampu membuat kita terhindar dari stress, lemas, dan migrain.
 

5. Minta Dukungan Orang Terdekat

Dukungan orang terdekat mampu atasi mood swing saat PMS, sumber : unsplash
Saat gejala PMS datang, wanita butuh dukungan dari orang terdekat. Dukungan tersebut bisa berupa kata-kata dan kalimat yang positif, intinya jaga sikap dan perkataan kita ya, supaya ia nggak mudah stress.

Untuk wanita yang sudah menikah, dukungan secara psikologis dari suami menempati posisi yang paling penting. Saat PMS datang, suami jangan sungkan untuk memberi perhatian dan pengertian yang lebih ya, misalnya dengan sering diajak ngobrol, bercanda, serta sering-sering dipeluk ya hehe.  Jangan lupa juga untuk sesekali membantunya untuk mengerjakan urusan domestik, mencuci piring misalnya, biar tambah senang boleh juga tuh ajak istri untuk jalan-jalan atau sekedar wisata kuliner, dijamin hatinya akan bahagia sepanjang hari (curhat.com heheh).

Intinya, dukungan itu maknanya luas nggak cuma berupa kata~kata saja, namun tentu harus ditunjang dengan sikap dan perilaku yang positif juga.


Nah, gimana 5 tips diatas, intinya mood swing saat PMS itu secara medis wajar karena ada perubahan hormonal dalam tubuh, namun jangan sampai hal ini membuatmu menjadi " tersugesti" secara berlebihan yang akhirnya membuatmu jadi lepas kontrol, dengan dalih "ah ini mah wajar atuh". Sebisa mungkin kamu harus tetap mampu mengendalikan pikiran kamu agar tetap positif menjelang dan saat PMS, caranya dengan menerapkan 5 tips diatas tadi.

Semoga tipsnya bermanfaat ya :)

You Might Also Like

1 komentar

  1. Betul sekali mbak, lima tips diatas sangat ampuh disaat kita sedang PMS.(sudah diterapkan, Alhamdulillah). terimkasih for sharingnya

    BalasHapus