Asyiknya Berkunjung ke Kebun Binatang Bandung yang Kini Semakin Nyaman dan Memanjakan Mata

Hari Rabu pekan lalu, kami sekeluarga berkunjung ke Kebun Binatang Bandung. Sengaja kami memilih berkunjung di weekday untuk menghindari padatnya pengunjung agar lebih nyaman menikmati wahana yang ada disana.

Terakhir saya mengunjungi Kebun Binatang Bandung yakni sekitar tahun 2014, kini setelah 4 tahun berjalan dan saya kembali kesana, saya merasa surprise dengan suasana dan penataan tempat yang jauh lebih rapi dan nyaman, sungguh sangat memanjakan mata.



              Suasana pintu masuk Kebun Binatang Bandung
                                     
O ya, Kebun Binatang ini buka setiap hari pukul 08.00 hingga pukul 16.00 termasuk di hari libur nasional. Tiket Masuk Kebun Binatang Bandung bisa didapat dengan harga Rp 40.000 bagi orang dewasa maupun anak-anak. Harga tiket yang tertera sudah termasuk untuk wahana perahu dayung dan taman bermain. Bagi anak di bawah usia 3 tahun tidak akan dipungut biaya apa pun.

Banyak wahana yang tersedia disini seperti wahana perahu dayung, taman bermain anak, animal show (pada hari dan jama-jam tertentu), wahana naik gajah dan unta, hingga taman bermain dengan aneka permainan yang lengkap.

Yang paling berkesan bagi saya adalah penataan tempat yang kini semakin baik dan rapi termasuk taman-taman yang kini semakin cantik. Juga kebersihan yang sangat terjaga karena saya lihat disana semakin banyak petugas kebersihan dan petugas untuk penataan taman. 

Suasana jalan dan taman yang semakin rapi dan asri

Selain itu yang baru dari Kebun Binatang Bandung ini adalah adanya sistem scan barcode saat pengunjung melewati pintu masuk. Barcode tersebut dibuat dalam bentuk gelang kertas dan harus dipakai selama berada di dalam wahan wisata Kebun Binatang Bandung.

   Gelang kertas yang berisi barcode 
  

Di sana kami menikmati berbagai wahana yang tersedia seperti wahana naik gajah. Untuk wahana naik gajah, pengunjung dikenakan biaya Rp. 30.000 per orang (untuk anak kecil berusia 3 tahun seperti Naura juga dikenakan biaya). Untuk kita yang agak takut naik gajah yang tingginya kurang lebih 3 meter, tak perlu khawatir karena saat naik gajah, kita ditemani oleh seorang pawang gajah.

Si kecil Naura sangat senang melihat berbagai permainan yang disediakan di wahana bermain seperti ayunan, jungkat-jungkit, dsb. Sayangnya kami tidak bisa menikmati wahana perahu dayung dikarenakan hari itu hujan turun lumayan deras.

Wahana taman bermain yang ada di Kebun Binatang Bandung

O ya Naura juga sangat senang melihat berbagai binatang yang ada disana bahkan dengan berani ia memberi makanan kepada binatang-binatang tertentu yang diperbolehkan oleh pihak pengelola untuk diberi makan, seperti unta, rusa, dsb. Karena ada beberapa binatang yang tidak boleh diberi makan sembarangan seperti kuda zebra, karena kuda zebra dibiarkan lepas tanpa diberi kandang khusus, hanya dibiarkan berada di rerumputan yang luas, namun aman untuk dinikmati para pengunjung. Jenis makanan yang diberikan pun tidak boleh sembarangan, mungkin hanya sebatas sayur-mayur tertentu seperti wortel, jenis makanan yang tidak boleh diberikan salah satunya adalah kacang-kacangan.

Naura sangat senang dan antusias memberi makan rusa 


Banyak jenis satwa yang ditampilkan di Kebun Binatang Bandung ini. Para satwa ditempatkan di kandang-kandang dan area-area tertentu yang rapi, bersih, serta aman bagi para pengunjung .

Suasana di komplek kandang burung 
                                        
             Si gagah harimau sumatera dengan pose yang cantik
                                                   

  Pose cantik burung merak, sangat menawan ya  

Saya lupa ini jenis primata apa ya ?
                                        
Ah, sungguh senangnya kami hari itu. Sungguh sebuah pengalaman yang tak terlupakan ketika berkunjung ke Kebun Binatang Bandung, sekaligus sebagai moment nostalgia bagi saya yang ketika kecil pernah beberapa kali berkunjung kesana bersama orangtua.

Kebun Binatang Bandung kini  jauh lebih baik di bandingkan kondisi di tahun-tahun sebelumnya. Para satwa terawat dengan baik, terbukti dari penataan kandang yang semakin bersih dan rapi. Selain itu yang membuat saya terpana adalah penataan jalan dan taman yang begitu memanjakan mata, sangat sejuk dan asri, seolah lupa dengan hiruk pikuk jalanan Kota Bandung yang padat dan penuh dengan polusi. Ah.. betul-betul refreshing pikiran dan hati.

Yuk Ayah, Bunda ajak si kecil berkenalan dengan berbagai satwa yang ada di Kebun Binatang Bandung, tanamkan rasa sayang pada binatang, dan yang paling penting kenalkan betapa hebatnya Allah Sang Pencipta yang telah menciptakan berbagai jenis satwa di muka bumi ini.

Selain itu, dengan mengajak si kecil berwisata berarti turut membangun kelekatan secara emosi sekaligus memberi satu lagi kenangan indah yang akan ia abadikan selamanya.

Catatan : Semua foto diambil dari dokumentasi pribadi














15 Comments

  1. Bunda... bisa bantu saya renov blog.., coba mampir ke blog saya bund, unizyl.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Asyiknya ... Sayang di kota saya gak ada kebun binatang. Jadi anak2 gak bisa seru2an sambil liat satwa.

    ReplyDelete
  3. Aku sudah beberapa kali ke bandung tapi belum nyampe ke kebun binatangnya asyik juga tuh destinasi berukutnya

    ReplyDelete
  4. Sukaaa deh endingnya. Saya sering bolak balik bandung tapi ga ngeh yah ada kebun binatang di sana, semoga suatu saat ada kesempatan berwisata disana seklaian bawa keluarga, wisata edukasi, mengenalkan beragam makhluk ciptaan Allah sungguh akan menjadi memori terindah buat buah hati kita. Next time, di rencanakan ke wisata ini...

    ReplyDelete
  5. Ke kebun binatang memang asik ya, Mbak... anak-anak saya juga suka kalau diajak ke kebun binatang.

    ReplyDelete
  6. Saya belum pernah ke kebun binatang. Pengen juga suatu hari nanti bisa ke sana bareng anak-anak.

    ReplyDelete
  7. Ooh, bagus juga ya. Beberapa kali ke Bandung cuma lewat aja ...

    ReplyDelete
  8. Seru ya,bisa jalan-jalan bareng anak. Family time, inget terakhir kali ke sini pas tahun lalu.

    ReplyDelete
  9. Kebun binatang tampaknya mulai berbenah diri. Di jogja pun sekarang kebun binatangnya lebih tertata & bersih dgn aneka wahana yg mwnarik.
    Semoga generasi masa depan kita punya kepedulian dgn sesama makhluk hidup ya mb

    ReplyDelete
  10. Wah, asyik sekali bisa jalan sama keluarga ke kebun binatang. Udah lama banget sejak punya anak kedua nggak pergi ke kebun binatang...Tempatnya juga tampak sangat nyaman ya mbak..

    ReplyDelete
  11. Seruuu banget jalan-jalan ke bonbin. Anak anakku juga suka kalau diajak ke bonbin, meskipun capek karena tempatnya luas.

    ReplyDelete
  12. Waaaaah... paling seru yaaaaa jalan-jalan ke bonbin

    ReplyDelete
  13. Aku jauh dari bonbin Mbak, harus ke Jogjes kalau mau

    ReplyDelete
  14. Pas ke bandung 6 th yg lalu g sampai sini huhuhu
    Nanti mesti coba ke sini deh

    ReplyDelete
  15. Seru, ya, jalan-jalannya. kebun binatangnya juga keliatan bersih dan adem banget ^^

    ReplyDelete