Tips Membeli Geos (Gendongan Kaos) yang Nyaman untuk Bunda dan si Kecil

Foto : Flickr.com




Sekarang ini banyak sekali jenis gendongan bayi dengan beragam bentuk. Berbeda dengan jaman ibu atau nenek kita dahulu, yang biasanya hanya menggunakan jarik untuk menggendong si kecil dalam berbagai kesempatan. Namun kini, inovasi gendongan bayi semakin banyak dengan model, warna, dan corak yang disesuaikan dengan kebutuhan si ibu.


Untuk traveling atau bepergian misalnya, bunda tentu lebih nyaman jika menggunakan SSC (Soft Structure Carrier),Stretchy wrap,  atau hipseat. Sedangkan untuk sehari-hari rasanya lebih nyaman menggunakan jenis gendongan yang lebih simpel seperti jarik, ringsling, atau geos (gendongan kaos).
Kalau saya pribadi lebih senang menggunakan geos untuk kegiatan sehari-hari saat menyuapi si kecil misalnya, atau mengajak si kecil berbelanja ke warung tetangga.

Geos (Gendongan Kaos) mulai populer di Indonesia sekitar satu atau dua tahun kebelakang. Saya sendiri tahu tentang geos dari maraknya endorse-an artis-artis atau selebgram Indonesia yang memakai beragam merk geos ini. Rasanya kok simple sekali ya, tidak perlu dililit-lilit, tinggal slupp, hanya dikalungkan saja. Selain itu sepertinya si bayi nyaman sekali ketika didekap menggunakan geos karena bahannya yang meral. Dan satu lagi yang membuat jatuh hati adalah warna dan coraknya yang bermacam-macam, sangat cute sekali, bisa digunakan dalam berbagai kesempatan.

Kemudian saya pun berinisiatif untuk membeli geos, awalnya saya ingin membeli via online, namun karena waktu itu saya memang berencana pergi ke tengah Kota Bandung,  akhirnya sekalian saja saya mencari geos di Lavie Babyshop. Tak mudah ternyata memilih geos yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kita karena disana banyak sekali pilihan merk geos dengan berbagai motif dan ukuran.

Bagi bunda yang ingin membeli geos, saya punya beberapa tips nih supaya bunda tidak salah membeli, apa saja :

1. Pilih ukuran  yang sesuai dengan berat badan pengguna.
    Ini adalah hal terpenting saat bunda membeli geos, mengapa?. Geos berbeda dengan gendongan lain pada umumnya, yang saat digunakan bisa diatur atau di setting sesuai keinginan kita. Cara pemakain geos yang hanya satu langkah dan tinggal dikalungkan saja, sehingga  mengharuskan pengguna memilih ukuran geos yang tepat dan nyaman disesuaikan dengan berat badan pengguna. Kebanyakan merk geos menggunakan 4 jenis size yakni S, M, L, XL.Contohnya sbb:
S   = 40 - 50 kg
M  = 50 - 60 kg
L   =  60 - 70 kg
XL = 70 kg ke atas

Namun ukuran diatas bukanlah ukuran baku tiap merk geos. Beberapa merk geos memiliki standar ukuran yang berbeda-beda.
O ya, perlu diketahui juga nih, terkadang kita sudah memilih size sesuai berat badan kita namun ternyata saat dicoba geos terlalu besar atau terlalu kecil sehingga tidak pas saat digunakan untuk menggendong si kecil. Maka menurut saya ada baiknya bunda membeli via offline saja agar bisa mencobanya langsung

2. Pilih merk yang berkualitas
Merk gendongan bagi saya sangat penting sekali. Karena merk gendongan menentukan kualitas jahitan, bahan, print-an dsb. Bahkan kalau perlu pilih yang sudah ber SNI ya bund.

3. Pilih bahan yang nyaman dan berkualitas
Ini penting bunda, karena bahan geos bermacam-macam ada yang tebal, tipis. Tingkat "kemeralan"nya pun berbeda-beda. Bahkan ada geos yang bahannya sedikit berbulu, nah untuk si kecil yang memiliki riwayat alergi kulit tentu harus ekstra hati-hati ya bund saat memilih bahan geos ini.

4. Pilih warna dan corak sesuai kebutuhan
Kalau saya pribadi lebih senang memilih geos dengan warna netral supaya mudah dipadupadankan dengan warna baju si pengguna, juga saya memilih warna yang agak gelap agar lebih mudah dibersihkan ketika terkena noda.
Untuk coraknya, saya lebih senang memilih corak yang unisex supaya kelak bisa diwariskan kepada anak kami selanjutnya atau kepada orang lain jika kami sudah tidak menggunakannya. Selain itu, coraknya saya pilih yang kira-kira cocok digunakan dalam berbagai kesempatan.

Nah, itulah beberapa tips memilih geos yang tepat berdasarkan pengalaman pribadi saya, semoga bermanfaat ya bunda..

Happy Babywearing :D




14 Comments

  1. Ini pun yg saya terapkan saat beli gendongan, Mbaa
    Huhu untung zaman dah canggih sebab pakai jarit ribet wkk

    ReplyDelete
  2. Saya lebih suka pake ini. Dulu waktu ponakan masih 6bulanan, kalo gendong pake ini cepet dan gak ribet. Udah gitu bayi jadi lebih anteng hehe. Bener banget ini ulasanya, makasih mba.

    ReplyDelete
  3. He eh pake goes ini lebih praktis dari pada kain yg dililit2 😊
    Thanks sharingnya ya mb 😉

    ReplyDelete
  4. Jadi ingat dulu rempong cari gendongan n gak nemu yang sreg. Akhirnya anak saya gendong pakai tangan aja. Hehehe

    ReplyDelete
  5. Saya malah lebih suka pakai jarit, daripada jenis gendongan instan yang lain. Maklum wong ndeso heheh

    ReplyDelete
  6. Dulu enggak beli soalnya ada yang ngado. Hehe ... terima kasih sharingnya, Mbak 😊

    ReplyDelete
  7. hmmmm ternyata harus mempertimbangkan beberapa faktor ya gak asal pilih,,, tulisan bermanfaat bun

    ReplyDelete
  8. Wah..jaman ke 2 anak saya pakainya cuma jarik ..belum tahu Geos..
    Hehhe

    ReplyDelete
  9. Aku kenapa merasa sumuk dengan GEOS ini ya, jadi baliknya ke selendang jarik, xixxxiii

    ReplyDelete
  10. Oalaa ternyata ada geos yang ber SNI yah, Salbiah belum pernah nemuin sih mba di baby shop yang pernah aku kunjungi. Jadi inget dulu, waktu msh punya bayi, semua tetanggaku pada risih liat aku gendong bayiku pake geos katanya takut bayiku yelip jatoh ke bawah, soalnya bayiku besar banget dan bundanya kecil banget. Mereka menyarankan agar Salbiah pake gendongan jarik, huahaaan katanya biar lebih aman gendong bayinya...

    ReplyDelete
  11. Makasih infonya mba.
    Udah ga punya bayi, jadi seneng banget dapat ilmu aneka gendongan gini. Biar pinter terus 😘

    ReplyDelete
  12. Terima kasih infonya mbak, banyak banget jenis gendongan. Bener tuh, pilih gendongan yang nyaman dipakai.

    ReplyDelete
  13. Saya bahkan belum pernah gendong pakai jarik atau gendongan lain. Wkwkwkwk.. Selama ini kalau gendong anak orang manual sih. Tapi bentar doang udah kesemutan.

    Makasi mbak infonya.

    ReplyDelete
  14. Enak gendongan kaos memang, apalagi kalau anaknya masih belum umek hehe

    ReplyDelete