Tak Hanya Bangga, Inilah 7 Alasan Kuliah di UMP Menjadi Pilihan yang Tepat untuk Raih Suksesmu di Masa Depan


Universitas Muhammadiyah Purwokerto, sumber : ump.ac.id

Jangan Kuliah Kalau Gak Sukses !. Buku best seller karya Setia Furqon Khalid ini layak dibaca bagi kamu yang akan atau sedang menempuh pendidikan di jenjang Perguruan Tinggi. Buku ini mampu  mengubah mindset kita bahwa ternyata saat mulai menyandang status sebagai mahasiswa, saat itulah kita harus mulai mengubah sikap dan cara pandang kita terhadap banyak hal.

Menjadi mahasiswa berarti saat yang tepat untuk serius menggali dan mengembangkan potensi diri. Tak hanya itu, kita juga dituntut untuk mulai mengambil peran di masyarakat, yakni sebagai agent of changesocial control, dan iron stock bagi kemajuan bangsa?.

Dalam buku tersebut dijelaskan, ada 5 kekuatan yang harus dimiliki mahasiswa agar mampu raih kesuksesan baik di masa sekarang maupun dimasa mendatang. 5 Kekuatan tersebut dikenal dengan konsep SETIA (Spiritual power, Emotional power, True Financial power, Intellectual power, dan Action power).




Terlebih di era revolusi industri 4.0 ini, dimana hampir semua sektor kehidupan manusia berbasis teknologi digital, maka seharusnya sikap, mindset,dan kebiasaan kita pun harus ikut berevolusi. Sebagai anak muda yang mengenyam pendidikan tinggi, tentu kita dituntut untuk kreatif dan inovatif memanfaatkan kecanggihan teknologi yang ada, seperti saat ini banyak anak muda Indonesia yang sukses mendirikan bisnis start up digital yang manfaatnya bisa dirasakan sampai ke pelosok negeri. 

Maka, untuk meraih kesuksesan di kemudian hari, mahasiswa harus terus mengasah kemampuannya baik di bidang akademis maupun non akademis serta memiliki pemahaman yang baik terhadap prinsip-prinsip kebenaran yang berlandaskan ajaran agama.

Nah, untuk menjadi mahasiswa sukses, tentunya diawali dengan memilih kampus yang tepat. Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) sebagai Perguruan Tinggi swasta berkualitas akan siap memfasilitasi mahasiswanya dengan sarana prasarana, kurikulum, tenaga pengajar, serta program-program  yang akan membantumu meraih sukses dalam bidang akademis dan non akademis, ditunjang dengan lingkungan kampus yang islami.

Tak hanya itu, UMP juga siap menjawab tantangan global dan tuntutan zaman. Seperti slogannya start here go anywhere, 7 hal dibawah ini adalah alasan mengapa UMP adalah pilihan yang tepat untuk raih suksesmu dimasa depan.

1. UMP Merupakan Perguruan Tinggi Swasta Terbesar di Jawa Tengah Bagian Barat

Berbagai penghargaan yang diraih UMP, Sumber : instagram ump.ac.id

Hal pertama yang menjadi pertimbangan saat memilih perguruan tinggi yakni tentang kualitas kelembagaannya itu sendiri. UMP yang merupakan alih bentuk dari Institusi Keguruan dan Pendidikan (IKIP) Muhammadiyah Purwokerto ini berdiri pada tahun 1965. Hingga saat ini, kampus yang berakreditasi B ini memiliki 11 Fakultas dan 38 Program Studi.

 Sumber : instagram ump.ac.id

 UMP terus berkembang menjadi perguruan tinggi swasta yang berkualitas dan diperhitungkan, salah satunya dengan keberhasilan UMP meraih predikat sebagai perguruan tinggi swasta terbesar di Jawa Tengah Bagian Barat, peringkat ke-2 Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) Terbaik di Jawa Tengah dan PTM peringkat ke-6 di Indonesia.

2. Memiliki Sarana dan Prasarana yang Lengkap serta Pengajar yang Kompeten

UMP memiliki sarana dan prasarana yang lengkap, Foto : ump.ac.id
Dalam rangka meningkatkan kualitas lulusannya, UMP memiliki tenaga pengajar profesional yang berkualifikasi S2 dan S3. Tak hanya itu, UMP juga terus memperkuat kerjasama dengan berbagai mitra strategis seperti Instansi Pemerintah Daerah, Rumah Sakit, serta Industri terkemuka di seluruh Indonesia.

Laboratorium Farmasi UMP, Foto : ump.ac.id

UMP memiliki perpustakaan terakreditasi A, Foto : menara62.com

Dalam hal sarana dan prasarana, kampus yang berlokasi di  Jalan Raya Dukuhwaluh dan Jalan Letjen Soepardjo Roestam ini memiliki beragam fasilitas diantaranya jaringan internet 24 jam (bahkan broadband internet UMP 16 kali standar akreditasi), pusat bahasa berstandar internasional, perpustakaan berakreditasi A,dan laboratorium penelitian modern serta tentunya gedung, masjid besar, dan area kampus yang nyaman untuk digunakan dalam berbagai kegiatan baik akademis maupun non akademis.

 3.  UMP Makin Mendunia

UMP bekerja sama dengan Holmesglen Institute Melbourne,Australia, Foto : ump.ac.id
Seperti slogannya, start here go anywhere, UMP terus melebarkan sayap di dunia internasional.  Hingga tahun 2019 ini sudah tercatat 83 institusi di negara ASEAN telah menjalin kerja sama dengan UMP. Kerjasama tersebut dilakukan dalam bentuk kegiatan yang menunjang konsep Tridharma Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian, dan pemberdayaan masyarakat, diantaranya join riset, student exchange, magang, short course, serta studi lanjutan bagi mahasiswa dan dosen.
UMP kini memiliki sekitar 49 mahasiswa asing dari berbagai negara, Foto : muhammadiyah.or.id

Pada tahun 2018 kemarin, UMP berhasil memperkuat kerjasama dengan Thailand, yakni mengirimkan alumni UMP untuk magang mengajar di sekolah-sekolah yang ada di Thailand Selatan.
Tak hanya itu, UMP juga siap menjadi kampus riset internasional, seperti pada tahun lalu, UMP bekerjasama dengan Monash University Australia dalam program biomedicine. Tak hanya itu, saat ini tercatat sekitar 49 mahasiswa asing yang menjalani studi di UMP .

Banyaknya kerjasama UMP dengan berbagai institusi di luar negeri tentu saja akan semakin memudahkan jalan UMP menjadi world class university.

4. UMP Fasilitasi Mahasiswanya untuk Berekspresi Sesuai Minat dan Bakatnya

 

Berbagai UKM di UMP, sumber : tapaksuciump.blogspot.com, ump.ac.id

Sebagai kampus besar yang memiliki belasan ribu mahasiswa, UMP tak lupa memfasilitasi mereka untuk mengekspresikan diri melalui berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) diantaranya kegiatan Mapala (Mahasiswa Pecinta Alam), BEM, Teater, Lembaga Dakwah Kampus, Taekwondo, Tapak Suci, dan masih banyak lagi. 

Tak hanya itu, berbagai prestasi telah diraih karena keberhasilan UMP dalam membantu merawat mimpi-mimpi mahasiswanya, salah satunya UMP menjadi Juara Umum pada Kejuaraan USM Pencak Silat Championship 2018,

5. UMP, Kampus dengan Suasana dan Lingkungan yang Islami

Kegiatan Grand Opening Mentoring di UMP, Foto : pwmjateng.com

Dalam buku Jangan Kuliah Kalo Gak Sukses dijelaskan bahwa 5 kekuatan yang harus dimiliki mahasiswa salah satunya adalah spiritual power. Untuk itu kita harus memilih kampus yang kondusif, kampus yang konsisten menjadikan nilai-nilai islam sebagai bagian yang tak terpisahkan dari roda kehidupan kampus.

Seperti yang kita ketahui,berdirinya Institusi Pendidikan Muhammadiyah di berbagai daerah di tanah air adalah berangkat dari kepedulian KH.Ahmad Dahlan terhadap penerapan nilai-nilai islam di bidang pendidikan, sebagaimana organisasi Muhammadiyah itu sendiri yang merupakan sebuah gerakan islam dengan tujuan memurnikan ajaran islam sesuai ajaran Rasulullah agar dapat memberi nafas bagi kemajuan bangsa. 

Maka, UMP sebagai bagian dari gerakan Muhammadiyah, hingga saat ini konsisten memfasilitasi mahasiswanya dengan kegiatan-kegiatan syiar islam seperti pengajian rutin/mentoring, Bimbingan Baca Al-Qur'an (BIBAQ), Gerakan Shalat Berjamaah,serta Kuliah di Al Islam Kemuhammadiyahan (AIK).

6. UMP Turut Peduli dengan Kondisi Sosial Masyarakat

 

Salah satu kegiatan KKN di UMP, Foto : tribunnews.com


Di perusahaan- perusahaan besar kita mengenal istilah CSR (Corporate Social Responsibility) sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap masyarakat. Maka, perguruan tinggi sebagai institusi pencetak profesional tentu diharapkan berperan aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan, karena seperti yang kita ketahui, kampus adalah miniatur dari kehidupan yang sesungguhnya. 

UMP secara aktif terus menggalakkan berbagai kegiatan yang ditujukan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, salah satunya dengan mengirimkan relawan tim psikososial untuk membantu pemulihan mental (trauma healing) para korban pasca gempa Palu-Donggala, serta memberikan beasiswa penuh bagi para korban yang ingin kuliah di UMP.   

Beberapa kegiatan pengabdian masyarakat lainnya diantaranya KKN (Kuliah Kerja Nyata), sosialisasi dan pelatihan khusus bagi masyarakat, pendirian Klinik Rawat Inap UMP di Kab. Banyumas, serta banyaknya program beasiswa yang diberikan diantaranya beasiswa fakir miskin dan yatim, beasiswa prestasi, beasiswa Hafiz Qur'an, serta beasiswa kader Muhammadiyah.

7. UMP Siap Menjawab Tantangan Global dan Tuntutan Zaman

Training soft skill di UMP, Foto : idntimes.com
Teknologi setiap saat akan terus berkembang, seperti saat ini, kita dihadapkan pada sebuah era baru yakni revolusi industri 4.0, dimana pemanfaatan teknologi berbasis internet terintegrasi dengan sangat canggih dan massif yang menjangkau hampir seluruh sektor kehidupan manusia. Perguruan Tinggi sebagai pencetak SDM yang ahli dalam bidangnya,  tentu saja harus turut serta dalam perubahan besar ini, diantaranya dalam hal kurikulum dan fasilitas penunjang.

Demi menjawab tuntutan zaman dan tantangan global, UMP terus berupaya menuju kampus digital, dimana segala sistem pelayanannya berbasis online seperti dalam hal persuratan, registrasi online, digital library, sistem informasi dan keuangan, serta aset online.

Tak hanya itu itu, UMP juga terus berupaya mencetak generasi yang tangguh dan sukses di kemudian hari dengan mengadakan pelatihan yang bertujuan mengasah soft skill mahasiswa, diantaranya BEST (Becoming Excellence Student Training, SMART (Softskill Management and Resolution Training), dan SUCCESS (Spiritual Up and Career Competencies by Softskill).




Selain training pengembangan diri, UMP juga rutin mengadakan seminar, kuliah umum,dan diskusi interaktif yang membahas banyak hal seperti kemahasiswaan, inspirasi sukses, dan seputar isu-isu sosial yang sedang hangat di masyarakat, seperti di bulan Februari ini UMP mengadakan kuliah umum bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Muhadjir Effendy, M.AP, yang bertajuk "Masa Depan Pendidikan Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0.

Prestasi membanggakan yang lahir dari pemikiran kreatif dan inovatif mahasiswa UMP salah satunya adalah keberhasilan tiga mahasiswa Teknik Sipil UMP  menciptakan beton ramah lingkungan yang akhirnya membawa mereka meraih juara 2 nasional dalam ajang Innovation Concrete Competition (ICC) yang diselenggarakan di UNDIP Semarang.


Sederet prestasi & inovasi dari mahasiswa & alumni UMP, Sumber : ump.ac.id
Nah, bagaimana penjelasan diatas, semoga kamu semakin yakin ya, untuk memilih UMP sebagai kampus yang tepat untuk meraih kesuksesanmu di masa depan. UMP sebagai kampus swasta berkualitas akan siap membantumu menggali potensi baik bidang akademis maupun non akademis, serta dengan kondisi lingkungan yang islami, tentu mudah bagi kamu untuk meraih spiritual power yang menjadi landasan terpenting dalam menjalani kehidupan.

Tak hanya itu, sebagai kampus yang siap menjadi world class university, UMP terus berupaya melahirkan generasi penerus bangsa berwawasan global yang siap berkontribusi bagi kemajuan bangsa.

Jadi,tunggu apalagi, yuk bergabung bersama UMP !





Referensi : ump.ac.id
                  suaramuhammadiyah.id

32 Comments

  1. Jadi masa2 kuliah dan jadi inget nasihat bapak
    Kangen kuliah secara konvensional jadiny hehe
    Btw prestasi UMP keren y mba
    Seneng deh kalau lihat makin banyak universitas baik negeri maupun swasta yg prestasiny mendunia
    Moga2 lulusanny bisa bermanfaat buat sekitar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mbak..saya juga kangen banget masa2 kuliah, pake jas almamater, kece ya hhe.. betul mbak UMP makin mendunia, cocok buat yg ingin melihat dunia lebih luas lagi coz banyak program2 yg memperluas kesempatan qt untuk belajar & bekerja di luar negri

      Delete
  2. Wah, ternyata UNSOED di peringkat 5 y. .Dulu tuh, pgn bgt masuk unsoed, tp Allah berkehendak lain.skrf adek nih, yg lagi nyari universitas yg bagus. .klo di PTN gak keterima, boleh nih jadi pilihan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kalo ulasannya membantu mbak.. kalau ingin tau lebih banyak tentang UMP bisa kunjungi wesite nya ump.ac.id

      Delete
  3. Wah noted nih. Terima kasih informasinya ya mba. Sekarang universitas swasta juga sudah keren-keren kok ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 mbak.. iya betul, kampus swasta saat ini terus berinovasi, gak kalah sama kampus negeri

      Delete
  4. Senang rasanya kalau kampus-kampus di Indonesia semakin berpacu untuk menjadi lebih baik. Dengan begitu, pendidikan di negara kita akan lebih baik dan bisa bersaing dengan luar negeri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali Bund, kualitas pendidikan di Indonesia harus semakin baik supaya lulusannya memiliki daya saing di dunia internasional

      Delete
  5. Semoga UMP terus membangun sumbangsih untuk negeri dan bumi :)

    ReplyDelete
  6. Wah hebat yah UMP lengkap semua mulai dari sarana dan prasarananya, masuk top 10 hingga dapat mengembangkan soft skill yang dimiliki para mahasiswanya. The bestlah pokoknya UMP

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget mbak.. UMP paket lengkap nih.. cocok untuk menunjang hard skill & soft skill mahasiswa

      Delete
  7. Wah keren Purwokerto sekarang ada univ Muhammadiyah, biasanya pada lagi ke UMS kalo cari univ Muhammadiyah di Jateng, sekarang Uda UMP

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak UMP ini PTS terbesar di jateng bag.barat skaligus perguruan tinggi Muhammadiyah terbesar ke 2 di jateng

      Delete
  8. jadi pingin kuliah lagi nih. tapi masih bingung nih mau ke mana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuuk mbak.. saya juga pengen bgt lanjut kuliah...nunggu anak2 agak gede kayanya

      Delete
  9. keren, purwokerto tah hanya punya UNSOED aja ya mbak, ada UMP disampingnya, maju terus UMP menuju world class university

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak.. semoga UMP makin jaya & terus melahirkan lulusan yg berkualitas & berkontribusi bagi kemajuan bangsa

      Delete
  10. Universitas Muhammadiyah di mana-mana memang terus mengembangkan kualitas & fasilitas kampusnya ya, Mbak. Keren nih ada UMP di wilayah Jateng bagian barat. Kalau di Jatim ya UMM yang merajai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget mbak.. Institusi Muhammadiyah memang keren, semakin berkualitas seperti UMP yg kini makin mendunia

      Delete
  11. Betul, mahasiswa seyogyanya menjadi alat kontrol sosial thd situasi yg ada. Kampus dapat mjd sarana awal kemanfaatan individu bagi masyarakatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget bund.. mahasiswa harus kritis & memiliki kepedulian terhadap kondisi sosial, ikut mengambil peran di masyarakat

      Delete
  12. UMP, bisa nih dijadiin salah satu pilihan nanti kalau si sulung kuliah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak.. Alhamdulillah kalo ulasan saya membantu.. sukses ya untuk si sulung :)

      Delete
  13. Keren ya UMP😍😍. Saya juga lulusan UMP mbak..tp "P" nya bukan Purwokerto tapi Pontianak😊🤗. Maju terus buat UMP menghasilkan insan2 cerdas dan bertakwa🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mantap mbak.. Institusi Muhammadiyah banyak ya tersebar ke seluruh penjuru Indonesia.. sukses terus ya mbak :)

      Delete
  14. anak kuliah jaman sekarang, sebaiknya memang gak cuman kuliah doang ya, tapi punya kegiatan diluar, jadi bisa jadi lulusan yang bener-bener mandiri, siap kerja ataupun berbisnis dengan skillnya

    ReplyDelete
  15. wah ternyata UMP sekeren ini ya Mbak Mei...alhamdulillah ya universitas Indonesia semakin maju dan bahkan dilirik oleh mahasiswaasing macam UMP. Sukses selalu untuk UMP :)

    ReplyDelete
  16. Ulasan UMP-nya lengkap banget.
    Sangat membantu bagi yang 'hunting' kampus buat tahun ajaran baru.
    Dan UMP masuk rangking 3 sejateng lagi.
    Cukup recomended.����

    ReplyDelete
  17. Keren ya, UMP. Setahu saya sih perguruan tinggi under Muhammadiyah emang unggulan. Kalau di Malang ada UMM. Favorit banget. Ponakan saya yg gak lolos seleksi PTN, ga ragu masuk UMM. Fasilitas dan prestasinya gak jauh beda dengan UMP ini. Sip.

    ReplyDelete
  18. UMP...di Purwokerto ya..sy bbrpa kali eksplore Purwokerto. Tp yg heran knp Pwk lbh ramai dr BMA ya...pdhl secara adminustratif Pwk bagian Bma y...

    ReplyDelete
  19. Waah ... Purwokerto deket sama tempat saya Mbak ... Paling sekitar 2 jam ... Terima kasih informasinya, Mbak.

    ReplyDelete