Sempurnakan Niat Beribadah Ke Tanah Suci Bersama Travel Umroh Blibli.com

April 26, 2019


Mak..
Ingin kubawa Kau pada rumah mimpimu
yang dari dalamnya terpancar keindahan Ilahi
dan berjuta tanda Kebesaran-Nya

Tapi Mak..
Tanganku terlalu lemah dan daya yang kupunya
seperti hembusan angin melintas celahan batu karang

Mak..
Rumah mimpimu
entah kapan kupersembahkan
tapi ia slalu ada dalam doaku

Sebuah kutipan indah yang terdapat dalam novel Emak Ingin Naik Haji karya Asma Nadia tersebut cukup membuat haru para pembacanya. Ungkapan ketulusan hati Zein, sang anak yang sangat ingin mewujudkan impian emaknya untuk melihat Baitullah. Bagaimana tidak, Emak telah menabung selama bertahun-tahun demi melaksanakan rukun iman yang kelima tersebut.

Namun apa daya, kehidupan mereka yang sangat sederhana, ditambah penghasilannya sebagai penjual lukisan keliling membuat Zein merasa bersalah karena mustahil baginya untuk mewujudkan mimpi sang ibu.

Meski penuh lika-liku dan pengorbanan, pada akhirnya, Emak bisa mewujudkan impiannya pergi ke tanah suci ditemani sang putra tercinta.

Cerita tersebut hanyalah hanya fiktif belaka, namun entah mengapa saya begitu larut dalam suasana haru kala membaca alur ceritanya yang penuh lika-liku, membayangkan sosok emak yang bersahaja namun memiliki hati seluas samudera. Ah, aku sungguh novel ini sungguh menginspirasi, bagaimana kekuatan tekad dan ketulusan hati bersinergi lalu menembus langit, menjadi sebab terwujudnya sebuah mimpi.

Sudahkah Kita Merasa Terpanggil ?


Berkaca dari kisah Emak Zein, saya lalu  merenung, sudahkan diri ini merasa terpanggil?. Memang tentunya pergi ke tanah suci adalah cita-cita hampir semua umat islam, namun apakah ia hanya sekedar "ingin" atau sudah menjadi sebuah tekad besar dan selalu terukir manis dalam setiap doa-doa kita ?

Labbaikallahumma Labbaik
Labbaikala syariikalakalabbaik
innal hamda wanni'mata laka wal mulk laa syarikalaak

Ah, melafazkannya saja sudah cukup membuat hati ini mengharu biru, berharap raga ini terpilih untuk menjadi tamu di Rumah-Nya kelak.

Jika keinginan itu sudah tertancap dalam hati, lantas sudahkah kita bersungguh-sungguh untuk merealisasikannya ?.

Mungkin banyak diantara kita, termasuk saya yang berpikir, ah sepertinya kondisi keuangan kita saat ini sulit rasanya jika diprioritaskan untuk pergi beribadah ke tanah suci. Ada cicilan rumah, kendaraan serta tabungan pendidikan yang pada akhirnya membuat keinginan pergi ke tanah suci menciut secara perlahan.

Namun, ternyata, di sudut kota yang lain, ada mereka, yang hidupnya jauh lebih sulit dari kita, tapi atas izin Allah raga mereka sudah sampai lebih dulu ke Baitullah. Mungkin diantara mereka ada yang berdoa siang malam, bahkan menyisihkan rupiah demi rupiah yang mereka punya berpuluh-puluh tahun lamanya, mirip seperti kisah Emak Zein tadi.

 Lalu, bagaimana dengan kita? Bukankah Sesungguhnya Allah akan memampukan orang yang terpanggil..

 Mereguk Nikmatnya Iman dengan Sebuah Perjalanan Mulia

Banyak diantara kita yang sebetulnya mampu untuk menunaikan ibadah Umrah dan haji namun ternyata ia lebih memilih pergi keliling Eropa atau tempat-tempat wisata lainnya di berbagai belahan dunia. Ah, sungguh sangat disayangkan, seandainya mereka tau betapa perjalanan ke tanah haram itu akan selalu meninggalkan rindu yang teramat sangat ketika kita pulang ke tanah air.

Meindukan siang dan malam-malam yang selalu sibuk dengan ibadah di masjid yang ketika kita shalat disana maka pahalanya akan dilipatgandakan 100.000 kali lipat.

Dari Jabir, Nabi bersabda,
"Shalat di masjidku (Masjid Nabawi) lebih utama daripada shalat di masjid lainnya selain Masjidil Haram. Shalat di Masjidil Haram lebih utama daripada 100.000 shalat di masjid lainnya. "

Merindukan saat-saat hati, jiwa, dan raga hanya disibukkan dengan aktivitas ruhiyah, melepaskan diri dari hiruk pikuk dunia yang melelahkan.

Maka, perjalanan mulia itu sesungguhnya adalah obat mujarab bagi mereka yang merindukan pertemuan dengan Tuhan-Nya kelak.

Iringilah ibadah haji dengan (memperbanyak) ibadah umrah (berikutnya), karena sesungguhnya keduanya dapat menghilangkan kefakiran dan dosa-dosa sebagaimana alat peniup besi panas menghilangkan karat pada besi, emas dan perak. Dan tidak ada (balasan) bagi (pelaku) haji yang mabrur melainkan surga” [Hadits ini dikeluarkan oleh Imam at-Tirmidzi (810), dan an-Nasa-i (5/115), dan Ahmad (6/185)

Baca selengkapnya https://muslim.or.id/27810-hadits-keutamaan-ibadah-haji-dan-umrah.html
Iringilah ibadah haji dengan (memperbanyak) ibadah umrah (berikutnya), karena sesungguhnya keduanya dapat menghilangkan kefakiran dan dosa-dosa sebagaimana alat peniup besi panas menghilangkan karat pada besi, emas dan perak. Dan tidak ada (balasan) bagi (pelaku) haji yang mabrur melainkan surga” [Hadits ini dikeluarkan oleh Imam at-Tirmidzi (810), dan an-Nasa-i (5/115), dan Ahmad (6/185)

Baca selengkapnya https://muslim.or.id/27810-hadits-keutamaan-ibadah-haji-dan-umrah.html
waktu tunggu paling pendek berkisar 11 tahun. Jangka waktu ini terdapat di Gorontalo, Sulawesi Utara, dan Maluku. Sementara waktu dengan durasi paling lama adalah 39 tahun, yaitu Sulawesi Selatan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kemenag Rilis Lamanya Antrean Haji Indonesia, Sulsel Mencapai 39 Tahun", https://nasional.kompas.com/read/2019/02/12/14250341/kemenag-rilis-lamanya-antrean-haji-indonesia-sulsel-mencapai-39-tahun.
Penulis : Retia Kartika Dewi
Editor : Bayu Galihd

Tips Bagi Kita yang Ingin Beribadah Umroh Ke Tanah Suci

 

 Banyak yang berkata bahwa sesungguhnya ibadah umroh adalah ibadah fisik, ya bagaimana tidak, untuk pergi kesana saja kita harus naik pesawat dengan waktu tempuh membutuhkan sekitar 9 jam, belum ditambah dengan perjalanan darat. Setelah tiba disana pun kita harus melakukan serangkaian ibadah yang membutuhkan kondisi fisik yang prima seperti thawaf, sai, dan lain-lain. Belum lagi soal beradaptasi dengan cuaca, lingkungan, dan hal-hal lain yang jauh berbeda dengan saat kita berada di Indonesia. Maka, agar kita bisa melaksanakan serangkaian ibadah tersebut dengan maksimal maka perlu persiapan yang matang dalam berbagai aspek, apa saja? Yuk, simak tipsnya berikut ini !

1. Persiapan Ilmu, Mental dan Ruhiyah
 Seperti yang kita ketahui, bahwa umroh bukanlah sekedar "wisata" biasa, ia merupakan ibadah yang disyariatkan nabi kita yang mulia. Untuk itu kita harus memulainya dengan niat yang benar karena segala sesuatu bergantung pada niatnya, maka niatkanlah perjalanan ke tanah suci sebagai bentuk ibadah kepada Allah serta dalam rangka mengamalkan sunnah Rasulullah.

Tak hanya itu, kita juga harus mempersiapkan ilmu terkait ibadah umroh yang akan kita jalani, apa saja keutamaan-keutamaan dari rangkaian ibadah yang akan kita jalani beserta syarat dan rukunnya, Saat ini banyak sekali biro perjalanan umroh yang membekali calon jemaahnya dengan panduan serta manasik umroh yang nantinya tentu akan memudahkan saat kita berada di tanah suci.

Yang terakhir dan tak kalah penting, kita juga harus mempersiapkan kondisi mental dan ruhiyah kita sebelum berangkat ke tanah suci. Banyaklah melakukan amalan-amalan seperti membaca Al-Qur'an, shalat sunnah, dan tentu saja berdoa, hal ini kita lakukan sebagai "warming up" agar kita dapat beribadah dengan optimal disana serta membuat kita selalu siap dengan banyak hal yang akan kita temui disana.

2. Memilih Waktu yang Tepat
Sebetulnya, ibadah umroh bisa kita lakukan kapan saja, namun ada beberapa faktor yang perlu kita pertimbangkan terkait masalah waktu. Seperti yang kita ketahui, Negara Arab memiliki 2 musim yakni musim panas dan musim dingin.

Musim panas  (Sekitar bulan Juni – Agustus)  suhu udara bisa mencapai 45 derajat celcius dan Musim dingin (November – Februari ) suhu udara bila siang bisa mencapai 42 derajat celcius namun pada malam hari suhu bisa berkisar 8 derajat celcius saja. Pada bulan Maret – Mei kondisi suhu udara biasanya relatif lebih bersahabat.

Tak hanya soal cuaca, hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah tentang lonjakan jemaah yang biasanya terjadi pada waktu-waktu tertentu seperti pada Bulan Ramadhan dan musim liburan, hal tersebut tentu saja berimbas pada biaya keberangkatan yang lebih mahal serta faktor kenyamanan. 


3. Persiapan Fisik 
Seperti yang dikemukakan diatas, ibadah umroh merupakan ibadah yang sangat menguras tenaga sehingga bisa kita sebut umroh merupakan ibadah fisik. Maka agar kondisi badan kita prima saat berada disana, perlu persiapan khusus beberapa minggu sebelum kita berangkat, misalnya dengan rutin melakukan olahraga ringan seperti lari pagi, jalan-jalan di sekitar komplek, dan lain sebagainya.

4.  Persiapkan Perlengkapan dan Dokumen yang Dibutuhkan
Sebelum berangkat ke tanah suci, persiapkan dokumen-dokumen penting yang dibutuhkan, seperti pasport, photo close-up, kartu vaksin meningitis, dan dokumen lain yang dibutuhkan.
Untuk perlengkapan sebaiknya persiapkan jauh-jauh hari agar tidak ada yang tetinggal, diantaranya pakaian, obat-obatan, perlengkapan ibadah, toilettries, tabir surya, dan lain sebagainya.

5. Pilihlah Agen Travel Umroh yang Amanah dan Terpercaya

Memang bahagia sekali  rasanya jika keinginan untuk pergi ke tanah suci bisa terwujud , namun ternyata tak semua berjalan happy ending seperti Emak Zein, banyak diantara mereka yang telah menyiapkan diri  berangkat ke tanah suci, namun nyatanya ia hanya angan belaka, ya pada akhirnya mereka sadar bahwa mereka telah tertipu biro perjalanan umrah dan haji.

Ah tak terbayangkan rasanya jika saya berada di posisi mereka, tentu sedih dan terpukul sekali rasanya. Uang yang telah kita tabung bertahun-tahun lamanya raib begitu saja, meninggalkan luka karena bayangan melihat ka'bah tak lagi nampak di pelupuk mata.

Di Indonesia banyak sekali kasus penipuan berkedok biro perjalanan umrah dan haji, kalian tentu pernah mendengar soal dibekukannya 4 biro perjalanan umrah dan haji terbesar yang cukup menggemparkan publik beberapa tahun silam, tak main-main, ada ratusan ribu orang dan jumlah dana calon jemaah dengan total lebih dari 2 trilyun yang raib dibawa biro perjalanan abal-abal tersebut.
Hmmh, miris sekali ya.

Tips Memilih Agen Travel Umroh


Animo masyarakat Indonesia terhadap ibadah umroh semakin hari semakin meningkat, salah satunya disebabkan oleh antrean kuota haji yang semakin panjang, bagaimana tidak berdasarkan informasi yang diunggah akun @kemenag-ri, waktu tunggu paling pendek berkisar 11 tahun yakni untuk wilayah Gorontalo, Sulawesi Tengah, dan Maluku. Sedangkan waktu antre paling lama yakni 39 tahun untuk wilayah Sulawesi Selatan.

Bak cendawan di musim hujan, tingginya antusias masyarakat untuk beribadah umroh membuat banyak orang berlomba-lomba mendirikan biro perjalanan umroh. Untuk itu kita harus cermat memilih biro perjalanan yang aman dan terpercaya.

Lalu, apa saja sih tipsnya supaya kita bisa mendapatkan biro perjalanan umroh yang aman, terpercaya yang bisa membantu mewujudkan impian kita berangkat ke tanah suci ? Simak penjelasannya dibawah ini ya !

1.  Pastikan Legalitasnya
 Untuk mendirikan sebuah agen perjalanan umroh bukanlah hal yang mudah, maka sebelum memilih agen travel yang tepat, maka pastikan dulu ya agen tersebut sudah mengantongi izin dari Kementerian Agama. Nah untuk memastikannya kalian bisa datang langsung ke kantor kemenag dan bertanya kepada petugas disana atau bisa juga dengan melihat di website resmi Kemenag RI.

2. Cek Jadwal Keberangkatannya
Sebetulnya setiap travel umroh telah mendapatkan kuota VISA untuk setiap tanggal keberangkatan. Berdasarkan kuota visa itulah maka agen travel memberanikan diri untuk membeli / booking seat tiket pesawat PP, detail mulai dari nama maskapai, tanggal dan jam keberangkatan dari bandara asal dan tujuannya. Maka, kalau ada agen yang tidak jelas dalam memberikan detail informasi soal keberangkatan maka lebih baik di cancel saja ya.

3. Pastikan Biaya Paket Umroh beserta Fasilitas yang Didapat
Nah kalau ada sebuah agen travel umroh yang memberi iming-iming harga murah dan tidak wajar, baiknya kalian harus berhati-hati ya. Coba kita telaah, apakah harga promo yang diberikan si agen cukup masuk akal dan sudah meliputi biaya tiket pesawat, hotel, biaya makan, visa, dan lain-lain ?, lalu bandingkan dengan agen travel sejenis.  Kalau sekiranya harganya tidak wajar, maka untuk lebih berhati-hati baiknya mencari agen travel lain saja ya.

Sebagai referensi, berikut saya lampirkan standar fasilitas yang biasanya akan kita dapatkan dari sebuah agen travel umroh dan haji ;
  • Tiket pesawat PP dengan menyebutkan nama pesawat yang akan digunakan
  • Hotel lengkap dengan nama hotel dan bintangnya
  • Transportasi selama di tanah suci
  • Makan 3 kali sehari
  • Pajak
  • Bagasi 3 Kg
  • Air zam zam 5 liter
  • Muthawif dan Ustadz pembimbing
  • Visa umroh
  • Manasik

4. Nama Hotel dan Lokasinya Jelas
O ya, jangan lupa juga cek nama hotel, lokasinya dan jarak ke masjid (masjidil haram maupun masjid Nabawi). Bila memungkinkan, cek apakah benar hotel tersebut telah sesuai dengan paket yg ditawarkan.

5. Perhatikan Rekam Jejaknya
Nah, yang terakhir dan sangat penting, kalian harus tahu rekam jejak si agen travel tersebut. Caranya bisa dengan browsing via internet atau bertanya pada teman atau kerabat yang pernah menggunakan jasa travel tersebut. Pastikan sudah berapa lama agen travel tersebut berdiri juga kalau bisa cari tahu siapakah pemiliknya serta ustadz atau orang-orang yang menjadi bagian dari travel tersebut,  agar kita bisa memastikan bahwa agen travel tersebut benar-benar amanah dan terpercaya.

Nah, untuk kalian yang masih galau, bingung memilih satu diantara banyaknya agen travel di Indonesia, kalian nggak perlu khawatir karena Blibli.com siap membantu kalian mencari agen travel umroh yang tepat dan tentunya aman dan terpercaya.

Travel Umroh Blibli.com Bantu Kamu Mencari Agen Travel Umroh yang Tepat

 

Tentu kalian sudah tidak asing dong dengan Blibli.com yang memiliki jargon "Big Choices, Big Deals". Yup, sebagai salah satu pelopor online shopping mall, Blibli.com berkomitmen memberikan pengalaman berbelanja online yang aman, nyaman, mudah, menyenangkan, di mana saja dan kapan saja.

Nah, yang lebih istimewanya lagi, Blibli.com saat ini menjual beragam paket umroh dengan banyak pilihan yang tentu saja akan membantu kalian mencari agen travel umroh yang tepat. Lalu, kenapa sih harus di Blibli.com ?

1.  Terpercaya
Kalian harus tahu kalau Travel Umroh Blibli.com hanya menyediakan PPIU (Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh) yang terdaftar di Kementerian Agama Republik Indonesia. So, kamu nggak perlu khawatir karena semua agen travel umroh yang terdapat di Blibli.com adalah travel umroh yang amanah dan terpercaya yang akan mengantarkanmu wujudkan mimpi beribadah ke tanah suci.

2. Banyak Pilihan
Travel Umroh Blibli menyediakan banyak pilihan agen perjalanan yang bisa kamu sesuaikan dengan budget maupun fasilitas yang diinginkan. Ada puluhan agen travel umroh yang bisa kamu pilih di Blibli.com diantaranya adalah agen umroh yang sudah sering kita dengar seperti ESQ, Labbaika Attiin Nabila Tour, Halal Transasia, Albarik, Granada Wisata, Gulzar, Pena, Khalifah Asia, Munatour, UMI, Madinah Iman Wisata, dan masih banyak yang lainnya. So, kamu nggak perlu bingung memilih, tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhanmu.

O ya untuk kalian yang memiliki budget terbatas, tak perlu khawatir karena ada beberapa agen umroh yang menawarkan paket cicilan per bulan mulai dari harga 1-2 jutaan. 


3. Banyak Penawaran Menarik
 Nah, satu lagi yang tak kalah menarik, dengan memilih agen travel di Blibli.com, kalian berkesempatan untuk mendapatkan berbagai promo paket tour umroh, seperti promo paket umroh ramadhan dan promo paket umroh libur lebaran, kalian tinggal pilih saja sesuai kebutuhan, terlebih bagi kalian yang sedang mencari paket tour umroh yang lebih murah tinggal cari saja di katalog travel umroh Blibli.com.

Contoh paket umroh yang terdapat di Blibli.com

 Nah, bagaimana, kamu sudah nggak bingung lagi kan untuk mencari mana saja sih agen travel umroh yang aman dan terpercaya ?. Travel Umroh Blibli.com akan membantu mewujudkan impianmu berangkat ke tanah suci dengan menghadirkan banyak pilihan agen travel yang resmi dan tentunya aman dan terpercaya. Soal harga nggak perlu khawatir karena kamu bisa puas memilih paket umroh yang cocok di kantong.

Yuk tunggu apalagi, selama raga masih kuat dan sehat, mari kita rencanakan perjalanan mulia tersebut sebagai wujud kesungguhan kita untuk meraih ampunan dan ridho-Nya. Karena sesungguhnya Allah bukan memanggil orang yang mampu, namun akan memampukan mereka yang terpanggil.

Ayo, sempurnakan niatmu berangkat ke tanah suci bersama Travel Umroh Blibli.com





















You Might Also Like

0 komentar