Peran Website Dalam Meningkatkan Performa & Kredibilitas Bisnis Online

Ilustrasi bisnis online. Sumber : unsplash.com
Tulisan ini menjadi juara favorit dalam Lomba Blog yang diadakan oleh Qwords.com dengan tema "Peran Website dalam Bisnis Online"

Sebagai seorang wanita yang terbiasa bekerja kantoran, selepas resign Saya memutuskan untuk berbisnis online sambil mengasuh kedua buah hati Saya. Selain untuk melepas penat karena urusan domestik, berbisnis bagi Saya juga merupakan salah satu pintu untuk menghasilkan uang tambahan.

Karena modalnya masih minim, akhirnya saat itu Saya memutuskan untuk menjadi reseller sebuah produk hijab. Yup, setelah mencari berbagai produsen hijab akhirnya Saya menjatuhkan pilihan pada sebuah brand hijab asal Tasikmalaya, Sarah Hijab namanya.

Meski terbilang baru, Sarah Hijab ternyata sudah memiliki ribuan reseller yang sebagian besar berstatus emak-emak seperti Saya, keren ya. Tidak hanya itu, setiap harinya ada sekitar 400 paket yang dikirim hingga ke penjuru nusantara. Soal karyawan, jangan ditanya, Sarah hijab memiliki 6 customer service yang selalu sigap untuk menerima pertanyaan dan pesanan dari para konsumen. Kini, setelah sekian tahun berjalan, Sarah Hijab terus mengepakkan sayapnya, salah satunya dengan melahirkan brand hijab baru khusus anak-anak bernama Sarah Kids.

Sebagai reseller, saya belajar banyak dari sistem bisnis yang dikembangkan oleh Sarah Hijab. Untuk menjadi sebuah brand hijab yang sukses, Sarah Hijab memiliki formula khusus yang akhirnya membuatnya bisa bertahan dan terus berkembang di tengah gempuran persaingan bisnis online di Indonesia, terutama bisnis hijab yang jika kita lihat statistiknya di google trends, menempati posisi yang cukup kuat.

Saya amati ada 2 Formula yang diracik oleh Sarah Hijab untuk kesuksesan bisnisnya, diantaranya:

 

1Kredibilitas yang Baik
Meski terbilang baru, Sarah Hijab mampu "tampil" layaknya sebuah bisnis yang sudah lama berdiri. Dengan mengedepankan motto "service excellent", Sarah Hijab selalu berusaha untuk memenuhi kepuasan pelanggan, diantaranya dengan memberikan banyak materi kepada resellernya seputar bagaimana cara melayani customer dan membangun kepercayaan pembeli dengan teknik-teknik digital marketing yang banyak digunakan saat ini.

2.  Performa yang Kuat
Apalah artinya jika kredibilitas dan brand awareness baik namun tidak didukung dengan performa bisnis yang kuat, Sarah Hijab paham betul tentang poin ini, sehingga untuk menunjang performa bisnisnya, Sarah Hijab memiliki manajemen bisnis yang sangat baik untuk ukuran bisnis online yang baru dirintis. Fasilitas, sarana dan prasarana dikerahkan, baik dalam hal pelayanan konsumen, sistem pembelian produk, packing, serta sistem pemasaran yang dilakukan sehingga semuanya bisa saling bersinergi satu dengan yang lainnya.

Nah, kedua poin diataslah yang menurut Saya bisa membuat Sarah Hijab terus berkembang hingga saat ini. Ada salah satu item penunjang yang akhirnya mampu membuat Sarah Hijab memiliki performa yang kuat dan kredibilitas yang baik, apa itu? website. Yup, sejak awal dirintis, Sarah Hijab sudah memiliki website berbayar khusus untuk menunjang performa dan kredibilitas bisnisnya.

Owner Sarah Hijab, Kindi Wahyu paham betul bahwa website memiliki segudang manfaat yang akhirnya bermuara pada 2 hal,yakni performa dan kredibilitas bisnis. Website Sarah hijab sendiri tidak hanya berisi company profile dan display produk saja, namun ia juga bisa digunakan untuk berbelanja produk yang dalam hal ini sangat memudahkan ribuan resellernya, karena website sangat bermanfaat untuk memeriksa stok barang dan membuat format pesanan dalam waktu singkat tanpa harus menghubungi customer service. Terbayang kan kalau kita harus menghubungi customer service tentu akan memakan waktu lebih lama karena mereka pun sibuk melayani ratusan customer lain setiap harinya.

Display produk yang ada di website Sarah Hijab

Nah, berbicara soal website, banyak lho para pebisnis online yang masih ragu untuk menggunakannya, sehingga lebih memilih memasarkan dagangannya via media sosial dan marketplace saja. Padahal website itu memiliki "kekuatan khusus" yang berbeda dibandingkan medsos ?, yuk simak pemaparannya dibawah ini !

Apa itu Website ?

Ilustrasi website. Sumber : unsplash.com

Melansir dari wikipedia, situs web atau website merupakan suatu laman web yang saling berhubungan, yang umumnya berada pada peladen yang sama dan berisikan kumpulan informasi yang disediakan oleh perorangan, kelompok, ataupun organisasi.

Website didukung oleh domain dan hosting. Domain merupakan sebuah alamat website yang ketentuan penamaannya diatur oleh badan regulasi domain dunia. Nama domain inilah yang akan mengarahkan kita ke alamat IP server hosting, sehingga saat kita mengetikkan nama domain, maka yang kita akses adalah server IP yang dituju.

Sedangkan, hosting, seperti yang sudah dijelaskan diatas, merupakan tempat penyimpanan data. Sehingga lebih mudahnya.

Manfaat Website untuk Bisnis Online

Setelah kita tahu apa itu website, selanjutnya kita bahasa apa saja sih manfaat yang bisa diperoleh para pebisnis online dari penggunaan website dalam menunjang bisnisnya, seberapa penting sih ?, yuk simak penjelasannya !

Dalam Hal Kredibilitas
 Sebelum kita membahas tentang peran website dalam meningkatkan kredibilitas bisnis, baiknya kita melihat insight menarik yang diterbitkan oleh iPrice group seputar perilaku konsumen di Indonesia yang ragu untuk bertransaksi secara online. Banyak faktor yang memicu hal tersebut, diantaranya mungkin soal kredibilitas toko online, maka banyak cara yang dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan calon konsumen, salah satunya dengan membuat website bisnis.






1. Membangun Brand dan Reputasi
Dengan adanya informasi yang lengkap dan jelas, tentu akan membantu membangun citra brand yang kita miliki sehingga strata profesionalisme bisnis dihadapan konsumen pun akan meningkat dan akhirnya akan melahirkan reputasi yang kuat.

2. Memiliki Kesan Profesional
Dengan maraknya penipuan jual-beli online, membuat banyak calon pembeli ragu untuk membeli produk secara online. Nah sebagai window shopper, saya tentu akan memilih toko online yang tidak mencurigakan dan terlihat profesional, salah satu parameter yang bisa kita gunakan yakni website. Jika suatu toko/perusahaan memiliki website, terlebih berbayar tentu saja nilai kepercayaannya akan meningkat dimata calon pembeli karena tentu saja itu adalah bukti bahwa toko online tersebut sudah profesional, bukan toko "abal-abal".

3. Sebagai Sarana Publikasi Resmi
 Saat ini banyak sekali informasi hoax yang beredar di masyarakat. Dengan adanya website, maka perusahaan akan mampu memberikan data yang benar dan resmi terkait perusahaannya. Dengan adanya website sebagai sarana publikasi yang resmi, maka sekaligus menambah kredibilitas dan tingkat kepercayaan calon konsumen.

4. Meningkatkan Brand Awareness
Brand awareness adalah kemampuan konsumen untuk mengenali atau mengingat sebuah merk termasuk nama, gambar, logo dan slogannya. Jika seseorang sudah mendengar informasi seputar produk atau brand baru, tentu ia akan mencarinya lebih lanjut via internet. Dengan adanya website maka brand atau produk kita akan terlihat lebih profesional sehingga tentunya calon konsumen pun tak ragu untuk membeli produk kita.
Dengan adanya google analytic, kita bisa melihat indikator brand awareness perusahaan/toko online kita, caranya dengan melihat traffic web, jumlah external share, like, comment serta jumlah pengunjung website kita.

Dalam Menunjang Performa



1. Menjangkau Target Pasar yang Lebih Luas
Dengan website, kita akan lebih banyak menjaring calon konsumen karena nantinya produk atau jasa yang kita tawarkan bisa diakses dan dilihat secara global. 

2. Sebagai Platform Katalog Produk & Portofolio
Kalau dulu saat internet belum semassif sekarang, untuk memasarkan produk dan jasa kita harus mencetaknya kemudian menyebarkannya satu persatu, repot bukan?, belum lagi soal biaya yang harus dikeluarkan, nah saat ini kita hanya tinggal memasukkan gambar dan detail informasi produk melalui website. Tak hanya itu, kita bisa mencantumkan portofolio toko online atau perusahaan kita dan bisa meng-updatenya sewaktu-waktu, simple dan menarik sekali bukan?.

3. Menghemat Waktu dan Biaya
Bayangkan, jika kita harus memasarkan produk kita 1 on 1 seperti tatap muka atau via telepon tentu akan sangat menghabiskan waktu, biaya, dan tenaga. Dengan adanya website, tinggal sekali klik, iklan produk kita akan dijangkau oleh jutaan orang sekaligus. Sehingga jika pemasaran produk ingin efektif dan efisien, maka website bisa diandalkan karena website memegang konsep "waktu adalah uang."
Dalam hal biaya pun sudah jelas sangat menghemat pengeluaran, karena jika dibandingkan mengeluarkan biaya untuk iklan di televisi atau media cetak, biaya pembuatan dan maintanance website tentu akan jauh lebih murah.

4. Meningkatkan Pelayanan
Seperti Sarah Hijab, meski memiliki 6 customer service, namun yang namanya manusia, tenaga dan waktunya pasti terbatas, karena ia pun perlu istirahat, libur dan tidur. Dengan adanya website maka pelanggan akan lebih mudah melihat informasi dan stok produk tanpa harus bertanya langsung, bahkan bisa juga berbelanja langsung tanpa harus menghubungi customer service.

5. Memudahkan Dalam Pencarian Mitra Bisnis
Banyak pebisnis online yang membutuhkan partner untuk bekerja sama. Biasanya informasi tentang kemitraan atau kerjasama ini bisa kita cari via internet. Dengan mempublikasikan bisnis/perusahaan  kita via website, tentu akan memudahkan calon mitra bisnis untuk menemukan keberadaan kita, sehingga dari sinilah kita akan menemukan dan memilih partner bisnis yang cocok.

6. Media Promosi & Informasi 24 Jam
 Tak seperti manusia yang butuh istirahat, website tidak pernah tidur, selalu on 24 jam sehari, 7 hari sepekan sehingga calon konsumen bisa mengakses iklan promosi dan informasi seputar produk tanpa harus terbatas ruang dan waktu.

Memilih Jasa Layanan Hosting & Domain yang Berkualitas

Bagaimana, sekarang sudah yakin kan untuk mulai memanfaatkan website sebagai penunjang kesuksesan bisnis onlinemu?. Tapi, kita juga harus cermat, jangan sampai salah memilih jasa layanan hosting dan domain, kita harus memilih layanan hosting yang bisa menunjang performa website bisnis online kita.

Lalu, kriteria apa saja yang menjadi patokan untuk memilih layanan hosting terbaik? Simak ya poin berikut !

1. Jumlah Klien 
Kita bisa melihat kesuksesan sebuah hosting provider yakni melalui jumlah kliennya, apalagi jika pengguna jasanya adalah sebuah website ternama yang memiliki banyak pengunjung. 

2. Kecepatan & Spesifikasi Server
Kita juga harus memilih hosting provider berdasarkan spesifikasi server yang digunakan, karena akan berpengaruh terhadap kestabilan website kita. Umumnya, minimal spesifikasi untuk server adalah Quad Processor dengan RAM minimal 8GB (tergantung jumlah klien).

3. Lokasi Server
Lokasi server juga berpengaruh terhadap stabil tidaknya website kita, sehingga sebelum membeli hosting website, kita harus mengetahui audiens kita. Jika kita akan menjangkau audiens di seluruh Indonesia, maka pilihlah provider lokal. Sedangkan, jika target audiens kita global maka pilihlah hosting yang memiliki server di Singapura dan USA, karena kedua negara tersebut terkenal dengan kestabilan koneksi internetnya.

4. Bandwith
Pilihlah hosting provider yang memiliki bandwith dengan jumlah yang besar, bahkan unmetered (tidak terbatas) sehingga website kita tidak akan cepat habis juga down pada pertengahan bulan .

5. Space Hosting
Jangan sampai kita tertipu dengan harga hosting yang murah, karena belum tentu kapasitasnya besar dan akan sangat mempersulit aktivitas pengelolaan website. 

6. Harga
Jangan sampai kita memilih hosting provider dengan harga yang murah namun kredibilitas buruk atau sebaliknya, harga mahal namun spesifikasi server dan pelayanannya tidak sebanding dengan harganya. 

7. Customer Service
 Pastikan hosting provider yang kita pilih memiliki layanan customer service 24 jam sehingga akan sangat memudahkan jika tiba-tiba website kita down atau mengalami gangguan.

8. Add on Domain
Add on Domain  adalah layanan yang diberikan hosting provider untuk menggunakan banyak hosting dalam satu domain sehingga tentunya akan menghemat biaya sehingga jika kita memiliki banyak website, kita tak perlu lagi membeli hosting. Maka pilihlah hosting provider yang menyediakan jasa add on domain

Nah, untuk kalian yang masih bingung memilih provider untuk membeli hosting dan domain, kalian bisa menggunaka jasa layanan hosting dan domain di Qwords. Top 5 Cloud Web Hosting Provider di Indonesia ini telah berdiri sejak tahun 2005 sehingga tentu saja Qwords memiliki track record yang  baik, selain harganya terjangkau Qwords juga menawarkan paket hosting yang telah direview dan dikelola oleh teknisi berpengalaman.

Pilihan produk yang ada di Qwords

Pilihan produk yang ada di Qwords
Pilihan produk yang ada di Qwords



Kenapa Harus Qwords?


 Sebagai penyedia layanan Hosting Indonesia , Qwords memiliki banyak keunggulan yang membuatnya sukses menjadi penyedia layanan hosting yang berkualitas selama lebih dari sepuluh tahun, diantaranya: 

1. Layanan 24/7
Tim technical support dan customer service siap membantu kita selama 24 jam 7 hari. Kita bisa mengubunginya melalui live chat, call center, dan support ticket.

2. Akses Cepat dari Seluruh Dunia
Website yang dihosting di Qwords lebih stabil dan cepat diakses dari seluruh dunia karena network yang baik dengan kecepatan 10 GBps serta dukungan Ultrafast dan SSD.

3. Panduan Manual yang Lengkap
Qwords dilengkapi dengan halaman knowledge base yang berisi tutorial dan tips seputar pengelolaan website. Dapat diakses dengan mudah dan solutif.

4. Uptime 99,99%
Uptime network dan server diatas 99,99% dengan konfigurasi server yang tepat. Didukung manajemen jaringan dan multiple upstream tiap 1 provider network serta multiple peering

5. Jaminan Kemanaan
Tentunya keamanan menjadi fokus utama dari Qwords. Tindakan pemantauan dan pencegahan yang berstandar dan berkelanjutan telah menjadi standar utama Qwords. 

6. Garansi 30 Hari
Untuk menjamin kepuasan pelanggan, Qwords menyediakan garansi 30 hari uang kembali yang berlaku hingga 30 hari setelah hosting aktif.

Nah itu dia 6 keunggulan Qwords yang membuat kita tak perlu ragu lagi untuk Beli Domain dan hosting di Qwords. Tak hanya itu, Qwords juga memiliki kantor cabang yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia diantaranya Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Yogyakarta.

Bagaimana, semakin yakin kan tentang manfaat website untuk bantu optimasi bisnis online-mu ?. Meskipun bisnis kita terbilang baru namun jangan ragu untuk menggunakan website sebagai item penunjang keberhasilan bisnis kita, karena jika kita tekun serta terus melakukan optimasi terhadap website kita, dengan teknik SEO misalnya, maka perlahan tapi pasti kredibilitas bisnis kita akan meningkat di mata calon konsumen, didukung dengan performa yang kuat, maka nantinya bisnis online-mu akan terus berkembang dan siap menghadapi gempuran persaingan bisnis.


Referensi penunjang : www.qwords.com, www.dewaweb.com, www.progresstech.co.id

28 Comments

  1. Wah lengkap sekali infonya mba. Terima kasih pencerahannya. Tapi ini lebih ke website untuk bisnis ya... Kalau untuk website pribadi, gimana mba? 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 mbak.. kalo utk pribadi biasanya supaya terlihat lebih profesional bisa pakai top level domain, buat para blogger bisa untuk mendatangkan klien juga krn biasanya salah satu syaratnya blog nya hatus TLD

      Delete
  2. Setuju banget... Biasanya kita kepoin suatu produk kalau nggak lewat ig ya cari websitenya. Kalau ngga nemu website di profil produknya, rasanya gimanaa gituh yaa.. Ada rasa dalam hati, wah brand ini 'kurang' deh... Itu kalau saya...

    anyway terima kasih infonya, saya jd nambah referensi lagi tentang penyedia jasa layanan website.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget mba.. kalo ada website nya jadi terkesan lebih profesional & terpercaya ya mbak

      Delete
  3. Wiih informasinya lengkap sekali ini. Emang setuju banget dengan adanya website suatu produk itu jadi lebih keliatan aja profesionalnya, Konsumen juga akan lebih percaya. Aku jadi kepo juga nih sama Qwords, apa doi spesialisasi di web bisnis saja kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap mbaa toko online yg punya website itu terlihat lebih profesional & terpercaya yaa.. qwords nggak cuma buat bisnis online aja mbak.. kalo mau beli hosting & domain buat blog pribadi juga bisa banget, banyak kok blogger2 profesional yg pake qwords

      Delete
  4. Aku kalau belanja online memang prefer dengan yang punya website sendiri. Aku lebih yakin dan nggak ragu buat bertransaksi. Karena dari situ terlihat profesionalitas bisnis online tersebut. Thanks ya mbak. Aku jadi makin yakin dengan jualan online yang ada website.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap sama kaya aku mbaak dulu pun aku pas daftar jd reseller hijab, pilih produsen yg punya website bisnis

      Delete
  5. Website untuk online business jaman now mestinya dilengkapi dengan payment gateway yang aman ya mbak :)

    ReplyDelete
  6. Wah, informasinya sangat bermanfaat Mba. Aku jadi lebih paham manfaat website untuk bisnis online

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap.. banyak sekali manfaat website buat optimasi bisnis online

      Delete
  7. Lengkap banget infonya, Mei. Baru dengar tentang Q Words. Memang website berperan banget dalam perkembangan bisnis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul banget, website punya banyak manfaat buat optimasi bisnis online

      Delete
  8. Berjualan online menggunakan website memang membutuhkan waktu yang lumayan lama, di banding lewat medsos yang singkat,
    tapi kalau kadung rame dan terkenal maka website akan menghasilkan pundi2 Rp yang wau...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap.. website punya kekuatan khusus yg ga dimiliki sosmed, tinggal dioptimasi aja website nya mas supaya trafficnya bagus & mendatangkan banyak pembeli

      Delete
  9. Sekarang ini memang bisnis online harus dikelola secara profesional ya salah satunya dengan adanya website, tentu akan memudahkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup setuju mbak, dengan adanya website, toko online kita akan terlihat lebuh profesional disamping juga bantu memudahkan dalam banyak hal yg menunjang performa bisnis kita

      Delete
  10. Yup setuju banget nih, biar bisa lebih profesional memang sebagusnya penjual online website sendiri karena maafaatnya banyak sekali (seperti yang Mbak sebutkan di atas).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup benar sekali Mbak, website punya kekuatan tersendiri yg tidak dimiliki sosmed

      Delete
  11. Ulasannya lengkap. Website memang membantu sekali untuk bisnis online yang terus berkembang seperti sekarang ini.

    ReplyDelete
  12. Setuju sayaaa...website sebagai item penunjang keberhasilan bisnis kita. Apalagi kalau pakai QWords, makin yakin saja...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, website bisa bantu optimasi bisnis online kita karena punya banyak mamfaat yg tidak dimiliki medsos

      Delete
  13. Betul Mbak, dengan website jangkauan pasar kita juga akan lebih luas. Customer bisa datang dari berbagai penjuru tanah air, bahkan luar negeri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali Mbak, website mempermudah dalam menjangkau target pasar yg lebih luas karena website bisa diakses secara global

      Delete
  14. Keberadaan dari website memang menjadi patokan sih kalo menurutku, jadi lebih trust aja sebagai konsumen

    ReplyDelete
  15. Kehadiran website untuk saat ini penting banget ya mbaa, apalagi untuk mendukung pemasaran produk. Tentu bakal memudahkan kita juga dan konsumen

    ReplyDelete