Resep Tumis Genjer Oncom Khas Sunda



Assalamualaikum Buibu hari ini masak apa nih?.

Kalau Saya hari ini masak nasi liwet komplit khas Sunda. Ini adalah salasahtu menu favorit keluarga kami di akhir pekan. Biasanya yang menjadi teman lauk dan sayurnya yakni tahu, tempe, ikan asin, jengkol balado,  sambel cikur, serta yang nggak boleh ketinggalan tumis kangkung.

Eh tapi kalo dipikir-pikir agak bosan juga ya rasanya kalau tiap bikin nasi liwet, menu sayurnya hanya tumis kangkung saja. Akhirnya Saya berpikir kira-kira menu tumisan apa ya yang cocok jadi teman nasi liwet ini.

Ahaaa.. kenapa nggak bikin tumis genjer oncom saja, rasanya yang gurih dan nikmat tentu cocok banget jadi menu sayuran buat liliwetan kali ini.

Buat teman-teman yang ingin tau resepnya, simak ya !

Bahan-bahan untuk Membuat Tumis Genjer Oncom
1. Genjer 2 ikat
2. Oncom 1/2 papan
3. Bawang merah 5 buah
4. Bawang putih 3 buah
5. Cabai merah keriting 7-8 buah
6. Cabai rawit merah (cengek domba) 4-5 buah
7.Kencur/cikur
8. Garam secukupnya
9. Gula secukupnya
10. Penyedap rasa

Cara Memasak :
1. Rebus air mendidih, kemudian angkat, lalu masukkan genjer yang telah dicuci bersih ke dalam panci yang berisi air panas dan rendam selama 1-2 menit. Hal ini dilakukan untuk mencegah rasa pahit pada genjer.
2. Haluskan semua bumbu,tambahkan gula garam,  kemudian tumis sampai harum.
3. Masukkan oncom yang telah disiram air panas, kemudian tumis hingga matang, jika oncom terlihat kering, bisa tambahkan air.
4. Masukkan genjer, lalu tumis sebentar dan tambahkan penyedap rasa. O ya, menumisnya jangan terlalu lama supaya nantinya genjer tidak terasa pahit.
5. Angkat dan siap disajikan.

Nah,  gimana, mudah-mudahan resepnya bermanfaat ya, selamat berakhir pekan semuanyaa...


0 Comments