Channel YouTube Islami dan Edukatif untuk Anak





Bismilah.
Kali ini aku mau sharing tentang channel-channel YouTube yang islami dan edukatif untuk anak. Sebelumnya, kalian boleh baca-baca artikel aku terdahulu tentang gimana sih screen time pada anak itu, rambu-rambunya bagaimana supaya pada akhirnya nggak membawa dampak buruk buat anak kita, untuk membaca, silakan klik link berikut ya :

Baca juga : 

Nah, jadi intinya jujur aku belum bisa 100% lepas dari gadget, karena susah ya, terutama gadget aku butuhin dikala lagi sibuk dengan urusan dapur dan urusan beberes rumah, tapi aku tetep punya batasan dan aturan diantaranya :

  • Di rumah, kami nggak nonton TV nasional, kalaupun nonton TV itupun jarang dan paling kontennya yang aman seperti berita nasional, bahkan saking jarang nonton TV aku baru tau kalo mamah dedeh pindah ke TV one, hehe becanda :). Pada intinya kami jarang banget nonton TV nasional walaupun jujur aku juga kadang kangen nonton TV terutama acara2 berita atau talkshow, kecuali sinetron karena aku nggak suka sinetron hehe. Tapi ya sebisa mungkin kalo aku mau nonton aku liat di YouTube aja pas anak-anak udah bobo.
  • Walaupun nggak nonton TV nasional, bukan berarti dirumah kami nggak ada TV, kami gunakan TV untuk nonton YouTube via smartbox yang terhubung dengan wifi dengan tujuan supaya kami bisa MENGATUR TAYANGAN yang sesuai serta SUPAYA BISA MEMANTAU apa yang anak-anak tonton, karena tentu layarnya lebih gede dibandingkan layar hp. Lantas gimana kalo nggak ada wifi? Kalian bisa kok menggunakan alat khusus bentuknya seperti flashdisk yang nantinya bisa disambungkan dari HP ke TV, tapi aku lupa nama alatnya apa, coba browsing aja di google atau marketplace.
  • Selain itu, kami juga nggak kasih mereka screen time seharian, sebisa mungkin setelah urusan dapur dan beberes rumah selesai, sediakan waktu untuk anak. Juga fasilitasi mereka dengan aneka buku dan mainan (nggak perlu mainan yang terlalu mahal, bahkan bisa kok pakai alat-alat yang ada di rumah, terlebih usia dini itu yang disarankan adalah role playing seperti dokter-dokteran, atau masak-memasak menggunakan peralatan yang ada di dapur.
Jadi, intinya jangan 100% bebaskan mereka, kita harus 2M (Memilih dan Memantau) tayangan serta waktu untuk screen time, sesekali ajak mereka juga untuk berdiskusi seputar konten yang sedang dilihat.

Lalu, tayangan apa yang sebaiknya kita kasih ke anak ?

Disclaimer : mungkin tiap orang berbeda-beda, tapi kriteria inilah yang insyaAllah sedang berusaha aku terapkan ke anak :

  1. Tayangan tersebut harus edukatif dan "benar" serta disampaikan dengan baik.
  2. Jika tayangannya berupa tayangan islami maka harus sesuai dengan Al-Qur'an dan Sunnah (ini poin utama menurutku).
  3. Sebisa mungkin nggak ada musik dan jika dalam bentuk animasi sebaiknya nggak berupa gambar orang (jujur poin ini aku masih belum 100% tapi insyaallah akan terus aku usahakan).
  4. Sebisa mungkin tanpa iklan, jadi channel tersebut memang nggak dimonetize (susah sih kalo yang ini), soalnya pernah kasih liat channel anak tapi pas lagi asyik nonton ditengah-tengah ada iklan yang nggak seronok kaya iklan salahsatu e-commerce yang sempet booming beberapa waktu lalu.
Lalu, apa aja rekomendasi tayangan islami dan edukatif yang cocok buat anak yang insyaallah sesuai dengan 3 syarat diatas ? Ini aku punya rekomendasinya yang insyaallah sesuai :

1. Yufid Kids




Nah, kalo ini favorit anakku banget. Channel ini berisi kartun animasi dengan tokoh utama bernama Nisa dan Ubay, tapi keduanya ditampilkan secara terpisah.

Channel ini sudah lumayan banyak lho konten-kontennya, diantaranya berupa doa-doa sehari-hari, belajar berhitung dan membaca, belajar kalimat-kalimat thayibah, tentang hari raya, dan lain sebagainya.

Walaupun isinya islami, tapi disampaikan dengan cara yang "anak-anak" banget, nggak kaku, insyaallah anak-anak pada suka.

Hal yang menjadi keunggulan dari channel ini adalah, isinya insyaAllah sesuai Quran dan sunnah, tidak ada iklan, tidak ada musik hanya suara-suara saja serta bentuk animasi nya tidak ada makhluk hidup bahkan tokoh utamanya tidak memiliki wajah yang utuh, untuk menyamarkan dan terlihat menarik bagi anak, sang kreator mengganti bentuk mata tokoh Nisa dengan bentuk kacamata.

Untuk menikmati channel ini, kalian bisa klik di YouTube dengan nama Yufid Kids.

2. Bunayya TV Sekolah Sahabat




Nah kalo channel yang satu ini berisi tentang kegiatan Kak Wasid (presenter) yang berkeliling ke sekolah-sekolah islam yang ada di Indonesia. Dari sana kita akan disuguhkan dengan kegiatan-kegiatan seru para peserta didik di sekolah, kebanyakan sih kalo aku perhatikan sekolah yang ditayangkan adalah PAUD, TK, dan SD. 

Nggak hanya itu tentang liputan kegiatan belajar saja, acara ini juga menampilkan mini games, outbond, bahkan study tour ke tempat-tempat wisata, pokoknya seru deh, aku pun sebagai orangtua seneng banget dengan channel ini, karena bermanfaat nggak hanyak buat anak tapi juga jadi ilmu dan wawasan tersendiri buat para orangtua.

Sebetulnya Bunayya TV ini adalah channel TV khusus untuk anak, tapi aku kurang tau apakah channel tersebut masih ada atau nggak karena pernah aku cari channelnya tapi nggak ketemu.

O ya channel ini juga nggak dimonetize jadi terbebas dari iklan-iklan serta backsoundnya hanya lagu-lagu aja tanpa musik.

3. Rodja Ceria 




Nah kalo ini ada di channel Rodja TV yang tayang setiap sabtu dan ahad, juga kalo nggak sempat nonton, kita bisa lihat di channel YouTubenya. Jadi intinya rodja ceria ini adalah bagian dari Rodja TV yang khusus menayangkan acara anak-anak.

Lalu apa aja sih kontennya? Banyak, diantaranya BABA (Bahasa Arab Buat Anak), Masaji (Makanan Enak Penuh Gizi), Safari (Salam Sapa Anak Negeri - ini programnya mirip-mirip sekolah sahabat bunayya tv), Science dan teknologi (ada eksperimen-eksperimen sederhana), sirah sahabat, nasehat anak muslim, dan lain-lain (aku lupa saking banyaknya hheu).

Intinya acaranya kumplit dan beragam, insyaallah cocok dinikmati untuk anak-anak kita. Juga yang paling penting isinya insyaallah sesuai Quran dan Sunnah serta nggak ada iklannya.

4. Ya Bunayya Alfatih TV




Nah kalo ini sih sebenarnya hanya ada beberapa video, karena aslinya kontennya dijual dalam bentuk kaset CD.

Channel ini milik Ustadz Budi Ashari LC pendiri Kuttab Al Fatih dan beliau juga sering membawakan acara sirah dan sejarah islam di televisi.

Channel ini menceritakan Walid sebagai tokoh utama (dimainkan oleh orang dewasa hanya satu orang namun ditemani banyak pengisi suara anak-anak), jadi uniknya walaupun hanya ada 1 orang tapi kesannya rame banget hehe (mungkin karena kepiawaian akting tokoh Walid ini).

Jadi videonya banyak bercerita lebih ke adab dan akhlak seorang muslim seperti keutamaan menahan marah, jangan malas, jujur, tidak sombong, dan lain sebagainya. Ceritanya dikemas secara menarik dan "anak-anak" benget menurutku, jadi insyaallah cocok untuk ditonton oleh anak-anak kita.

Nah itu tadi review channel-channel YouTube anak yang islami dan edukatif, insyaallah cocok untuk menemani screen time anak-anak kita. Aku berharap mudah-mudahan semakin banyak channel YouTube islami yang isinya sesuai Quran dan Sunnah, o ya ada channel terbaru namanya kalo nggak salah Rofif TV, milik ustadz Abduh Tuasikal tapi kontennya belum banyak, mungkin karena baru dibuat juga.

Jadi yuk bismilah sebisa mungkin sama-sama jaga anak-anak kita dari tayangan yang salah dan nggak mendidik, walaupun kesannya kok lebay, kok pilih-pilih sih, kan masih kecil, dan lain sebagainya. Nggak, aku lagi berusaha aja supaya anak-anakku kelak tumbuh dengan hal-hal baik, apa yang di dengar, dilihat, dibaca oleh mereka inginnya hal-hal baik saja, karena mereka itu ibarat kaset kosong yang akan merekam semua yang mereka dengar dan lihat yang pada akhirnya akan membentuk pola pikir, sikap bahkan prinsip hidup mereka kedepannya.

Jadi meski sulit dan kadang masih nonton yang lain-lain tapi aku insyaallah akan terus berikhtiar untuk ini.

Ya sebagai orangtua, penting sekali untuk memantau dan memilih tayangan yang tepat untuk anak, namun ada satu lagi nih yang penting, yakni kita harus membiasakan anak untuk melakukan banyak hal baik, salahsatunya mengajak mereka untuk membantu mengerjakan pekerjaan domestik rumahtangga, nah, tentang hal ini, temanku, Mbak Melina sudah menuliskan lengkap di blognya, yuk simak Bagaimana Membiasakan Pekerjaan Domestik pada Anak. 

Semoga, tulisanku yang singkat ini bermanfaat ya.

Salam Hangat


Meila Hani


0 Comments