Resep Fudgy Brownies (No Mixer, Takaran Sendok)





Bismilah

Ceritanya pagi-pagi aku buka lemari makan dan jreng jreeng.. nggak ada satupun cemilan buat anak, sedih ya hix..hix.. padahal anakku tuh seneng banget ngemil, dikit-dikit "Bund, mau cemilan" atau "Bund, laper" hehe. Mungkin nurun dari emaknya ya.

Akhirnya karena aku males keluar rumah (males bawa anak-anak, rempong ah), jadinya aku memutuskan untuk ber-baking ria di pagi hari, padahal waktu itu aku belum masak lho hehe.

Terus aku liat stok lemari makan yang udah mirip toko kue hehe. Sengaja aku simpen banyak bahan kue supaya kalo anakku laper atau suami request pengen dibikinin makanan tinggal siap grak.

Lihat ada sisa tepung segitiga, DCC yang baru kepake dikit, sama cocoa powder yang mulai menipis, lumayan nih kayaknya kalo dibikin brownies. Langsung aja deh cekidot, ini dia bahan-bahannya :

O ya, aku rebake resep cookpad Mbak Galuh Ajeng Anggraeni, ini simpel banget nggak perlu pake mixer plus nggak perlu keluarin timbangan karena pake takaran sendok.

Bahan A :

  • DCC 125 gram (aku pake yang kemasan 250 gram trus aku patahin jadi 2)
  • Minyak goreng 50 ml
  • Butter/margarin 5 sdm (50 gram)
Bahan B :
  • Telur 2 butir (pastikan suhu ruang ya)
  • Gula halus 15 sdm (150 gram)
Bahan C :
  • 10 sdm tepung terigu protein sedang/tepung serbaguna (100 gram)
  • 2,5 sdm cocoa powder (25 gram)

Bahan Topping : bebas mau almond slice, oreo, chocco chips, beng-beng, keju, raisin, atau apa aja yang ada.

Cara Membuat 

1. Lelehkan bahan A, tambahkan margarin/butter dan minyak goreng. Dengan teknik double boil, pakai api kecil ya, sambil aduk-aduk. Jangan sampai mendidih coklatnya, asal leleh merata aja. Kemudian sisihkan dan tunggu hingga dingin.

2. Kocok telur dan gula halus menggunakan whisker, tidak perlu sampai adonan mengembang, asal gula larut merata saja.

3. Kemudian masukkan campuran tepung terigu dan cokelat bubuk yg sudah di ayak. Aduk rata, kemudian masukkan cokelat leleh yg sudah dingin tadi. Aduk merata perlahan, bisa menggunakan whisker atau spatula. Untuk mengaduknya disarankan perlahan ya dengan searah saja supaya cake nggak bantet.

4. Panaskan oven, kemudian masukkan adonan brownies ke dalam loyang yang sudah diolesi margarin dan ditaburi sedikit tepung terigu. Ketuk-ketukkan loyang agar adonan rata dan tidak ada udara. Kemudian tambahkan topping sesuai selera, aku pake chocco chips dan oreo.

5. Oven selama 25-30 menit pada suhu 150-170 dercel api atas bawah atau tergantung oven masing-masing. Setelah matang taruh dalam rak pendingin, tunggu hingga dingin kemudian potong-potong.

O ya ada tips nih,kalau kita bikin brownies supaya shiny crustnya "keluar" ada hal-hal yang harus diperhatikan, diantaranya :
  1. Pastikan gula dan telur tercampur rata (gunakan whisker dan pastikan larut atau tercampur merata. Sebetulnya aku lebih menyarankan untuk pakai mixer dengan kecepatan paling rendah saja untuk memastikan gula dan telur tercampur merata.
  2. Saat membuat tim coklat, pastikan coklat benar-benar meleleh sempurna serta tercampur merata dengan butter/mentega 
  3. Panaskan oven terlebih dahulu, kemudian panggang sesuai suhu pada oven masing-masing, waktu pemanggangan dan pengaturan api atas-bawah juga berpengaruh.
  4. Diamkan adonan beberapa saat sebelum dipanggang
Nah, gimana, mudah-mudahan bermanfaat ya resepnya, aku pun bikin brownies nggak langsung berhasil, pernah dalemnya masih mentah padahal suhu dan waktu pemanggangannya sudah sesuai, tapi ternyata dalemnya belum matang, sering juga shiny crustnya nggak keluar. Jadi intinya harus sering-sering bikin biar makin terbiasa hehe.

Ya sudahlah, semoga tulisanku bermanfaat yaa..:)



0 Comments