Resep Chewy Brownies ala Erlina Lim dan Tips Shiny Crust


Chewy Brownies ala Erlina Lim dan Tips Shiny Crust
Chewy Brownies ala Erlina Lim dan Tips Shiny Crust, foto : dokumentasi pribadi


Bismillah.

Teman-teman udah pernah coba resep brownies ala Ci Erlina Lim?. Resep ini udah di recook ratusan orang dan banyak lho yang berhasil, karena penasaran, aku pun akhirnya coba, apalagi terakhir aku bikin brownies, shiny crustnya masih malu-malu gitu hehe. Dan taraaa.. setelah coba bikin pakai resep ini Alhamdulillah berhasil bikin si shinynya keluar, bahkan aku bikin 2 loyang sekaligus.

Baca juga :

Langsung aja ya, ini dia resepnya :

Resep Chewy Brownies ala Erlina Lim

Bahan 
DCC 150 gram
Minyak 40 ml
Butter 50 gram
Telur 2 butir
Gula halus 150 gram
Terigu segitiga 100 gram
Coklat bubuk 35 gram
Topping : bebas, aku pakai almond slice dan choccochips

Cara Membuat 
  1. Lelehkan DCC yang ditambah butter dan minyak (kalau saya dengan cara di tim diatas air mendidih), aduk perlahan hingga rata, lalu dinginkan.
  2. Kocok telur dan gula halus hingga tercampur merata.
  3. Masukkan lelehan DCC lalu aduk merata.
  4. Masukkan terigu dan coklat yang telah diayak kemudian aduk hingga rata, tapi jangan overmix ya.
  5. Panaskan oven selama 15-20 menit.
  6. Tuang adonan ke dalam loyang yang telah dialasi baking paper , kemudian hentakkan dan beri topping.
  7. Panggang pada suhu 160-170 derajat celcius selama 35 menit api atas-bawah, atau tergantung oven masing-masing.
Tips Shiny Crust Brownies

Ada yang bilang bahwa salahsatu kunci keberhasilan dalam membuat brownies panggang ialah ditandai dengan munculnya shiny crust pada permukaan brownies. Tapi, bukan berarti kalo nggak muncul shiny crust berarti nggak bisa dimakan ya, rasanya akan tetap enak kok.

Lalu, gimana sih caranya supaya si shinynya muncul?
Aku menuliskannya berdasarkan pengalaman dan juga hasil browsing di internet, simak ya !
  1. Pastikan gula dan telur larut dengan sempurna, maka aku lebih sarankan mengaduknya pakai mixer, tapi jangan lama-lama ya, juga pakai kecepatan paling rendah aja. Selain lebih cepat, pakai mixer juga bikin gula dan telurnya tercampur dengan merata.
  2. Sesaat sebelum pemanggangan, adonan di dalam loyang didiamkan dulu beberapa saat.
  3. Pada saat pemanggangan, pastikan oven telah dipanaskan terlebih dahulu.
  4. Panggang adonan pada suhu dan waktu yang sesuai, maka kuncinya kita harus kenaaal banget sama oven yang kita punya, o ya, pengaturan api atas-bawahnya juga berpengaruh lho.
  5. Ada yang bilang, pastikan juga lelehan DCC, minyak, dan butter tercampur sempurna.
O ya ada catatan nih agar si shinynya nggak rusak, loyang diberi baking paper yang dilebihkan kedua sisinya, sehingga saat adonan matang dan dingin, kita nggak perlu membaliknya karena bisa bikin si shinynya rusak.

Nah, teman-teman, gimana, tertarik mencoba resep ini? Aku saranin yang baru pertama kali bikin brownies untuk coba resep ini karena insyaallah tingkat kegagalannya rendah (tapi bukan berarti kalo nggak keluar shinynya berarti gagal ya hehe, tetap enak dimakan kok). Asalkan kuncinya ikuti langkah-langkah dan tips yang aku tulis tadi.

0 Comments