Resep Pizza Tanpa Ulen (No Knead-Pizza)



Resep Pizza tanpa ulen, No-Knead Pizza
Pizza tanpa ulen, foto : dokumentasi pribadi


Bismilah.

Pizza tanpa ulen, sebenarnya udah lama aku baca resep ini, tapi nggak tau kenapa awalnya agak ragu-ragu gitu, emang bisa ya bikin pizza tanpa diulen, nggak harus kalis elastis gitu?. 

Soalnya aku punya pengalaman buruk, 2 kali bikin mexican buns a.k.a roti boy, hasilnya bantet padahal udh diulen sampe tangan pegel-pegel hehe.

Berawal dari postingan Fah Umi Yasmin di Facebook yang nge-share tentang pizza tanpa ulen ini, trus aku baca sekilas tapi belum dapat hidayah, eh maksudnya hati aku belum tergerak buat bikin.

Sampai akhirnya suatu hari aku kabita untuk makan pizza dan kalo dipikir-pikir sayang juga uangnya, di Domino's pizza paling murah untuk ukuran medium itu 45K, belum lama nunggu mamang Go-foodnya, akhirnya kenapa nggak coba bikin aja sendiri.

Berbekal trauma masa lalu yang gagal bikin roti boy, akhirnya aku beranikan diri untuk bikin pizza yang tanpa ulen dengan alasan kalo gagal nggak akan nyesek-nyesek amatalah soalnya jariku nggak keriting karena kecapekan ngulen adonan hehe.

Tapi nggak tau kenapa aku malah nggak ngikutin resepnya mbak Fah, aku malah meluncur ke cookpad nyari resepnya ci Tintin Rayner  haha. Ya sudahlah, mari kita langsung ke cara membuatnya :), o ya aku udah 3 kali bikin pizza pake resep ini.

Baca juga :

Resep Pizza Tanpa Ulen (jadi 2 adonan dough)

Bahan :
Bahan Adonan
  • Tepung terigu protein tinggi (aku pake cakra) 225 gram
  • Ragi 5-6 gram
  • Air hangat 180 ml
  • Gula 1 sdm
  • Garam 1/2 sdm
  • Minyak 30 ml
Bahan Topping
  • Saus bolognese
  • Smoked beef
  • Sosis
  • Bawang bombay
  • Paprika (bisa diskip kalo nggak suka)
  • Keju mozzarella/quick melt
  • Oregano
Baca juga :

Cara Membuat :
  1. Siapkan baskom berisi 180 ml air hangat suam-suam kuku (jangan kepanasan ya, takut raginya mati), lalu masukkan ragi, campur perlahan lalu tutup dengan kain lap/plastik. Tunggu sampai ragi aktif ditandai dengan muncul gelembung-gelembung, kira-kira 5-10 menit.
  2. Masukkan gula, garam, dan minyak, aduk sampai rata, tapi jangan over mix ya.
  3. Masukkan terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk rata kemudian campur menggunakan spatula dan terakhir dengan tangan untuk memastikan adonan benar-benar merata (adonannya bakal sticky/lengket, nggak usah khawatir, ikuti aja step selanjutnya).
  4. Diamkan selama 30 menit atau sampai adonan mengembang 2 kali lipat, tutup dengan kain lap bersih atau plastic wrap.
  5. Setelah itu, kempiskan adonan, lalu uleni sebentar saja selama 1-2 menit, lho kok diulenin sih? Kan judulnya pizza tanpa ulen, hmmh nanti aku jelasin di akhir ya.
  6. Bagi adonan jadi 2, yg satu boleh disinpan di freezer buat stok.
  7. Panaskan oven
  8. Olesi loyang dengan minyak, masukkan adonan lalu pipihkan hingga membentuk bulatan lalu tusuk-tusuk dengan garpu agar nggak terlalu mengembang nantinya. Lalu diamkan 5 menit.
  9. Olesi adonan dengan minyak dan saus bolognese, masukkan topping satu persatu, terakhir taburi oregano.
  10. Setelah oven panas, masukkan pizza kemudian panggang di suhu 200-220 derajat celsius selama 15-25 menit atau tergantung oven masing-masing.
  11. Pizza siap dihidangkan, tangan nggak pegal, perut kenyang, dompet aman, hati pun riang hehe.
Tips Seputar Membuat Pizza Tanpa Ulen 
  • Resep ini jadi 2 adonan dough ya
  • Mungkin ada yang bertanya-tanya, kok tadi bikin pizzanya diulen sih, padahal judulnya kan pizza tanpa ulen? Jadi gini pemirsa, eh warganet, maksudnya kalo kita bikin pizza biasa kan harus sampe kalis elastiiiiis banget, sampe adonannya nggak sobek-sobek walaupun ditarik kesana kemari hehe. Kalo pake resep ini intinya kita bukan mengadon sampe kalis elastis, kita hanya MENCAMPUR adonan, kalaupun diulenin ya sebentar aja tujuannya biar merata nggak sampai kalis elastis banget, makanya tekstur adonannya sticky ya, awalnya aku sempet pesimis bakal jadi nggak nih, tapi ternyata Alhamdulillah berhasil.
  • Nah untuk pemanggangan, jujur aku belum nemu teknik gimana supaya teksturnya mirip pizza Domino's, jadi bener-bener crunchy diluar. Kalo soal lembut, adonan ini udh lembut menurut aku , enak sih nggak seret dan berat, cuma PR ku ya itu tadi gimana supaya bikin luarnya lebih crunchy. Dari awal aku buat, aku eksperimen pake suhu, waktu pemanggangan, plus pengaturan api atas-bawah yang berbeda-beda, cuma belum ketemu klik-nya aja, mungkin aku harus sering-sering ta'aruf sama ovenku ini hehe. Terakhir sih aku panggang di suhu 220 derajat celsius selama 25 menit, awalnya pake api bawah selama 10 menit supaya bawahnya lebih crunchy gitu, udah gitu sisanya lanjut pake api atas-bawah, tapi hasilnya belum se-crunchy pizza Domino's, entahlah mungkin faktor adoananya juga berbeda juga kali ya, lain waktu aku bakal cobain resep thin crust pizza deh, insyaallah.
  • Karena tekstur adonannya sticky, jadinya susah dibentuk, jadi aku saranin pake loyang pizza supaya lebih rapi.
Alhamdulillah, mudah-mudahan resep ini bermanfaat ya teman-teman, kalo ada yang punya resep pizza yang teksturnya mirip-mirip Domino's gitu, kasihtau aku yaa hehe.

0 Comments