Resep Tongseng Sapi


Resep Tongseng Sapi
Resep Tongseng Sapi. Foto : dokumentasi pribadi


Bismilah.

Tongseng sapi, jujur aku nggak tau pasti darimana makanan ini berasal, atau khas daerah mana hehe, yang pasti ini adalah salahsatu makanan favoritki dari kecil.

Jadi ibu aku tuh kalo idul adha biasanya suka masak ini tapi pake daging kambing, hmmh yummy. Pokoknya kalo ibu aku masak ini, siap-siap deh aku nambah dua piring hehe.

Baca juga : 


Sebetulnya tongseng itu resepnya mirip-mirip gule, sama-sama pakai santan pula. Cuma kalo tongseng biasanya pakai sayuran seperti kol dan tomat. Selain itu, menurutku dari segi rasa, tongseng itu yang dominan lebih ke rasa manis-asam, karena tongseng pakai kecap ditambah acidity dari tomatnya yang lumayan banyak. Sedangkan kalau gulai itu menurutku rasanya lebih ke gurih-creamy gitu.

Oke deh nggak perlu berlama-lama, mari kita ke cara membuatnya ya.

Resep Tongseng Sapi

Bahan :
  • Daging sapi 250 gram
  • Santan kelapa/kara/fiberCream (kekentalan sesuai selera aja ya)
  • Air untuk merebus daging
  • Sereh 
  • Daun salam 2 helai
  • Daun jeruk 1 helai
  • Lengkuas
  • Tomat 2 buah
  • Kol
  • Bawang daun
  • Bawang merah diiris tipis 6 buah
  • Cabe rawit merah (cengek domba) secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Guka secukupnya
  • Kecap manis secukupnya
  • Penyedap
Bumbu halus :
  • Bawang merah 6 buah
  • Bawang putih 4 buah
  • Kemiri 3 biji
  • Jahe 1 ruas
  • Kunyit 2 ruas
  • Ketumbar 1/2 sdt
  • Merica bubuk 1/2 sdt
Baca juga :

Cara Memasak :
  1. Rebus/presto daging sampai empuk, air kaldunya jangan dibuang ya.
  2. Tumis bumbu halus hingga matang, masukkan daun salam, daun jeruk, sereh dan lengkuas yang sudah digeprek, tambahkan gula dan garam.
  3. Masukkan daging yang telah direbus, aduk-aduk, diamkan sebentar, kecilkan api.
  4. Tambahkan air kaldu (air rebusan daging), tunggu sampai bumbu meresap ke daging (pake api kecil saja), setelah itu masukkan santan kelapa/kara/fibercreme, aduk terus biar santan nggak pecah.
  5. Tambahkan kol, cengek domba (cabe rawit merah), dan bawang merah iris.
  6. Setelah kol empuk, matikan api, masukkan tomat dan irisan bawang daun.
  7. Siap disajikan hangat-hangat.
Tips Memasak Tongseng Sapi

  • Mungkin ada sebagian orang yang daging sapinya nggak dipresto dulu, jadi awalnya dimarinasi kemudian dimatangkan bersama bumbu. Optional sih, tapi kalo ibu aku biasanya dagini direbus dulu, plus aku kan masak buat anakku juga, jadi dagingnya harus benar-benar empuk supaya nggak alot, sehingga tingkat kematangan dagingnya harus well-done hehe.
  • Pada saat menumis bumbu halus, pastikan matang sempurna ya, karena di bumbunya terdapat kunyit sehingga harus benar-benar matang supaya nggak menghasilkan rasa yang pahang kalo bahasa sundanya mah hehe.
  • O ya, kalo yang suka pedas, di bumbu halusnya bisa ditambahkan cabe keriting dan cabe rawit merah, kalo aku karena masak buat balita jadinya keduanya aku skip.
Sekian resep dari aku, meskipun singkat mudah-mudahan bermanfaat yaa.

0 Comments