Resep Udang ala Warteg



Bismilah

Buibu masak apa hari ini?.
Hari ini rencananya aku mau pergi ke nikahan kerabat di Bandung, otomatis pagi-pagi banget harus ke pasar trus bikin masakan yang simpel-simpel aja, yang penting bisa tetep masak enak buat anak dan suami tercinta.

Alhasil aku kepikiran buat masak tumis udang aja, karena udah lama banget nggak masak udang.

Sebetulnya kalo masak udang aku lebih sering digoreng karena nggak pedes jadi bisa sekalian buat makan anak-anak juga, ditambah anakku sukaa banget makan udang, terutama si bungsu seneng banget nyemilin udang, kriuk..kriuk.

Tapi kali ini rencananya aku mau bikin dalam bentuk tumisan, agak pedes sedikit, biar rasa gurih-manis yang alami terdapat dalam udang bercampur dengan asin dan pedasnya bawang beserta cabe-cabean.

Karena kali ini aku lagi buru-buru jadinya aku mau bikin tumisan udang yang simpel, tinggal iris-iris lalu cemplung deh, beress. Maka dari itu aku mau bikin tumis udang ala warteg, walaupun bumbu-bumbu dan cara memasaknya sederhana, tapi keluargaku sukaa banget, tinggal simpen diatas meja, auto nambah nasi 2 piring hehe.

Oke deh kalo gitu, capcuss..

Bahan :
  • Udang segar 500gr
  • Bawang merah 6 siung
  • Bawang bombay 1 (ukuran kecil, kalo yg besar, pakai 1/2 aja)
  • Bawang putih 5 siung
  • Cabe ijo besar 3 buah
  • Cabe keriting merah 6 buah
  • Cabe rawit merah (cengek domba) 5 buah
  • Saus tiram secukupnya
  • Tomat 1/2 buah
  • Bawang daun secukupnya
  • Garam & gula secukupnya
  • Penyedap (optional)
Cara Memasak :
  1. Cuci bersih udang (nggak perlu dikupas, hanya bersihkan saja).
  2. Goreng udang setengah matang kemudian tiriskan
  3. Iris bawang merah dan bawang bombay, sedangkan bawang putih di chop (cincang halus), cabe dan cengek iris serong.
  4. Tumis bumbu hingga wangi lalu masukkan udang yang telah digoreng, tambahkan sedikit air, gula, garam, saus tiram, dan penyedap secukupnya.
  5. Tunggu sampai udang matang dan bumbu meresap ke dalam udang (gunakan api kecil).
  6. Setelah matang masukkan irisan tomat dan bawang daun.
  7. Tumis udang ala warteg siap disajikan.
Tips Memasak :
  • Supaya lebih enak, gunakan udang ukuran kecil (kalau aku kali ini pakai yang ukuran sedang soalnya di pasar komplek jarang banget ada udang yang ukurannya kecil-kecil).
  • Kalo di warteg-warteg biasanya ditambah buncis yang diiris kecil atau serong, rasanya jadi lebih enak, tapi kalo masak aku nggak pernah pake soalnya kami kurang suka buncis hehe.
  • Mungkin ada sebagian orang yang udangnya nggak digoreng dulu, tapi aku kalo masak cumi atau udang biasanya digoreng dulu supaya nggak terlalu amis (apalagi aku sebenarnya kadang suka agak mual gitu sama bau seafood mentah hehe).

Nah sekian resep dari aku, meskipun simpel dan sederhana mudah-mudahan bisa menginspirasi :)

2 Comments