Tips Merawat Kulit Wajah untuk Ibu Rumah Tangga yang Super Sibuk


Ilustrasi skincare, foto : unsplash.com


Bismillah.

Buibu, apa cuma aku aja ya, yang dulu sebelum nikah rajin ke salon plus beli aneka skincare dari ujung kaki sampe ujung rambut, tapi setelah punya anak boro-boro ke salon, bisa merawat wajah aja udah Alhamdulillah banget, hehe.

Dulu sebelum nikah aku sering facial di salon pas pulang kerja, itung-itung memanjakan diri dan melepas penat. Nggak hanya itu, aku pun rajin cobain aneka skincare mulai dari skincare supermarket sampai skincare resep dokter, dari yang harganya murah, sampe yang menguras dompet, maklum dulu masih single jadinya bisa puas berfoya-foya, hehe peace :).

Intinya dulu aku termasuk rajin lah soal skincare-an, jaman SMP aja udah kenal masker-maskeran (dulu sering minjem masker punya ibu xixixi). Bahkan aku inger banget waktu SMA pernah ada temenku yang wajahnya kinclong banget, terus aku memberanikan diri nanya resepnya, dan ternyata dia bikin masker dari bengkoang yang diparut kemudian diendapkan dan diambil saripatinya, kebayang dong gimana ribetnya, tapi aku niat banget bikin itu tiap malem haha.

Tapi setelah jadi ibu, hmmmh... ke salon buat perawatan wajah pun nggak pernah, paling cuma perawatan rambut aja. Skincare pun sering banget yang kadaluwarsa, terutama golongan masker, peeling, serum, dan lain-lain.

Hingga pada akhirnya beberapa bulan yang lalu aku ngerasa kok kulitku jadi gampang kering ya, hixx..mungkin karena usiaku bentar lagi masuk kepala 3.

Hal itulah yang akhirnya menyadarkanku untuk lebih sayang dan care sama kulitku. Mulai deh rajin pake pelembab dan kawan-kawannya, sebenarnya biasanya pun aku pakai, tapi masih bolong-bolong tergantung mood, apalagi night cream, kadang kelupaan karena keburu ngantuk.

O ya, ternyata kondisi kulit wajah nggak hanya dipengaruhi oleh skincare luar aja lho, banyak faktor yang mempengaruhi bagus nggaknya kondisi kulit wajah kita, nah untuk itu aku mau kasih tips buat ibu-ibu yang supersibuk supaya tetap punya kulit wajah yang shining-shimmering-splendid hehe, simak ya !

1. Membersihkan Wajah, hukumnya Wajib !

Intinya, selalu jaga kebersihan kulit wajah, meskipun di dalam ruangan, teteuup harus bersihin wajah 2 kali sehari, karena di rumah pun kita beberes (nyapu, ngepel, ngelap debu dll), ditambah masak, goreng ini itu, yang akhirnya bikin kilit wajah kita jadi glowing-glowing minyak gitu ya, ditambah kena debu di rumah, jadinya teteup harus bersihkan kulit wajah, lebih bagus sih kalo pake double cleansing, terutama kalo abis bepergian.

Kebayang dong kalo muka kita nggak dibersihkan, bisa-bisa kotoran terperangkap di dalam pori-pori yang impact-nya, kulit jadi komedoan, pori-pori wajah membesar, kusam, plus jerawatan. Jadi, bagi aku, membersihkan muka itu hukumnya wajibun harusun.

2. Memilih Skincare yang Tepat

Cung yang masih sering bereksperimen gonta-ganti skincare? Tosss..hehe. Tapi kebiasaanku ini udah nggak se-ekstrem dulu lah, sekarang mau belajar setia sama satu merk skincare yang benar-benar cocok.

Mungkin karena efek penuaan kulit, tiap ganti skincare meskipun cuma sabun muka, gatau kenapa kulit wajahku suka jadi break out, dan itu sembuhnya lumayan lama, padahal dulu kulitku nyaman-nyaman aja tiap ganti skincare, akhirnya aku pun jadi lebih berhati-hati memilih skincare yang cocok untuk kulitku.

O ya, untuk skincare harian biasanya setiap pagi dan malam aku pakai sabun muka (kalo lahi rajin aku suka double cleansing, lanjut toner, tapi masih bolong-bolong ini mah hhe), setelah itu lanjut pakai pelembab (kalo lagi rajin biasanya pakai serum dulu), malamnya biasanya kadanh suka pake pake sleeping mask sebelum tidur.

Untuk mingguan, biasanya aku pake exfoliator 2 kali seminggu, soalnya pori-pori wajahku termasuk besar plus gampang komedoan, makanya rutin pake exfoliator (dulu malah suka peeling-an juga, tapi sekarang nggak sih), trus aku juga punya masker yang dipake 2x seminggu.

Untuk tipe skincarenya aku pakai yang ada kandungan anti-agingnya, dan itu efeknya bagus banget ke kulitku, jadinya berkali-kali lipat lebih halus dan lembut.

Karena menjelang kepala 3, stok kolagen yang ada di kulit pun makin menipis sehingga kulit wajah kita harus terhidrasi dengan baik, caranya salahsatunya dengan memilih skincare yang ada kandungan anti-agingnya karena sudah diformulasikan secara khusus agar kulit wajah kita teteup lembab dan terhidrasi dengan baik.

Udah gitu kalo kulitku lagi break out (meski setelah pake si anti-aging jarang banget), aku biasa stop dlu night and day creamnya, aku ganti pake aloe vera gel karena bisa bikin kulit jadi lebih relax.

3. Berusaha untuk Menerapkan Pola Hidup Sehat

Makanan yang kita konsumsi sehari-hari juga membawa andil besar bagi kondisi kulit wajah kita. Sering makan gorengan, bikin kulit jadi berminyak, jarang makan buah dan sayur bikin kulit jadi kering, terlebih kalo jarang minum air putih.

O ya, aku juga mulai rutin bikin jus dan smoothies, terutama tomat dan timun karena punya kandungan zat yang bagus untuk kulit. Alhamdulillah efeknya, kulitku juga jadi lebih halus, nggak kering kerontang.

Selain itu istirahat yang cukup juga penting banget buat menjaga kulit agar tetap fresh dan sehat.

Tiap weekend aku usahakan untuk beraktivitas fisik bareng anak, jalan-jalan pagi atau olahraga bareng keluarga misalnya, enak aja rasanya, ke badan jadi lebih seger, sekalian refreshing juga. 

Terakhir hindari stress, meskipun kerepotan kita sehari-hari, anak yang rewel, urusan domestik yang nggak ada habisnya, gajian masih lama #ehh, teteup berusaha ya supaya kita nggak stress, kalo kepala mulai kleyengan, istirahatlah mak, rebahan bentar nggak ada salahnya dong, atau ngerjain hobby yang bisa bikin fresh lagi, apapun itu teteup jaga hati dan pikiran supaya selalu bahagia :) 


Nah, itu dia tips singkat dari aku, jadi intinya, menjaga kesehatan kulit wajah nggak cuma soal skincare aja, percuma kita pake skincare yang berjeti-jeti tapi ternyata kita nggak berusaha menjaga asupan makanan plus rajin begadang dan sering stress (duh  nyindir ini mah hehe), yang ada kulit pun ikutan stress, duh jangan sampe yaa.


0 Comments