Resep Bolu Pisang Panggang Anti Gagal


Resep Bolu Pisang Panggang
Bolu pisang panggang (maafkan foto seadanya karena keburu diserbu sama pasukan hehe). Foto : dokumentasi pribadi

Bismilah

Ibu-ibu gimana, masih betah di rumah ? Hehe, harus dong, insyaallah, apalagi WFH masih diperpanjang, ditambah rencananya mau ada PSBB, wallahualam bener nggak ya. Kita doain aja semoga pandemi cepat berlalu biar semuanya bisa beraktivitas normal seperti sediakala, yang diuji sakit semoga diberi kesabaran dan cepat diangkat penyakitnya, aamiin.

O ya, kali ini aku mau berbagi resep bolu pisang kukus, siapa tau bisa jadi inspirasi ibu-ibu yang akhir-akhir ini semakin rajin turun ke dapur hehe (Mungkin ini salahsatu hikmahnya, kita jadi makin rajin bikin makanan buat keluarga tercinta).

Baca juga :

Oke deh langsung aja ini dia resep bolu pisang kukus panggang yang aku rebake dari resepnya Mbak Intan Praharani di Cookpad, dengan sedikit modifikasi dariku.

Bahan
  • Pisang ambon 300 gram
  • Telur ukuran sedang 4 butir
  • Terigu protein sedang 175 gram
  • Mentega/butter 120 gram
  • Gula pasir 130 gram
  • SP 1/2 sdm
  • Susu kental manis 25 gram
  • Vanili bubuk 1/2sachet
  • Toping sesuai selera (aku pakai keju)

Baca juga :


Cara Membuat
  1. Panaskan oven suhu 180 derajat selama 15-20 menit.
  2. Lelehkan margarin, tapi jangan sampai mendidih, karena bisa membuat kue menjadi kering, setelah itu sisihkan dan tunggu hingga dingin.
  3. Hancurkan pisang menggunakan garpu.
  4. Mixer telur, gula, dan SP menggunakan kecepatan tinggi hingga mengembang yang ditandai dengan adonan yang berubah menjadi kaku dan berwarna putih pucat.
  5. Masukkan pisang, mixer sebentar saja menggunakan kecepatan paling rendah.
  6. Masukkan terigu dan vanili yang telah diayak lalu mixer sebentar dengan kecepatan paling rendah (jangan overmix ya).
  7. Masukkan mentega cair dan susu kental manis lalu aduk menggunakan spatula.
  8. Alasi loyang menggunakan baking paper, atau jika tidak ada bisa diolesi rata dengan mentega.
  9. Masukkan adonan ke dalam loyang lalu panggang di suhu 180 derajat menggunakan api atas-bawah selama 10 menit, kemudian angkat dan beri topping setelah itu panggang kembali selama 20-25 menit tergantung oven masing-masing. Jangan lupa, lakukan tes tusuk sebelum diangkat.
  10. Siap disajikan.
Tips Membuat Bolu Pisang Panggang
  • Pilih pisang yang tingkat kematangannya sempurna supaya rasanya manis dan legit, juga akan timbul bercak-bercak hitam khas bolu pisang, kalo aku biasanya pake pisang mateng banget bahkan cenderung hampir busuk.
  • Resep diatas sebetulnya nggak pakai SP di resep aslinya, tapi aku modifikasi dengan menat SP sedikit saja (1/2 sdt) supaya teksturnya lebih lembut, jadi penggunaan SP disini bersifat opsional aja ya.
  • O ya, supaya bikin bolunya berhasil, kalian juga harus memperhatikan teknik-teknik membuat cake pada umumnya seperti teknik pemandangan harus tepat, pastikan oven sudah dipanaskan dulu, saat pengocokan jangan sampai overmix, juga pastikan menggunakan telur suhu ruang, selain itu pastikan telur dan gula sudah dimixer hingga mengembang dan kental berjejak.
O ya buat teman-teman yang mau bikin bolu pisang kukus, aku pernah nulis resepnya juga lho, silakan klik link berikut :

Baca juga :

Nah, gimana, mudah-mudahan tulisanku bermanfaat ya, selamat mencoba, semoga berhasil :)

Salam Hangat,



Meila Hani

0 Comments