Resep Kolak Pisang Fiber Creme



Bismilah

Buibu, gimana nih, masih pada semangat dong puasanya?. Alhamdulillah tahun ini kita masih diberikan kesempatan untuk berjumpa dengan bulan yang penuh rahmat dan keberkahan. Bulan musimnya ibadah, saat terbaik untuk berlomba-lomba mencapai derajat takwa, salahsatunya melalui ibadah puasa yang kita jalankan sebulan penuh.

Nah berbicara soal puasa, salahsatu hal yang ditunggu-tunggu adalah saat berbuka puasa bareng keluarga. Setiap keluarga temtunya punya menu favorit untuk berbuka.

Kolak, salahsatu sajian yang nggak asing lagi dong tentunya, bahkan rasanya ada yang kurang ya, kalau saat bulan puasa kita nggak mencicipi hidangan bercita rasa manis tersebut.

Biasanya kolak selalu identik dengan santan, namun kali ini aku nggak pakai santan untuk membuatnya, alasannya karena sudah beberapa bulan ini kami terbiasa mengganti santan kelapa dengan FiberCreme untuk mengolah berbagai masakan seperti opor ayam, tongseng sapi, nasi kuning, dan lain-lain.

Fiber creme diklaim punya kandungan serat yang bagus untuk bantu jaga kesehatan pencernaan kita.

Baca juga :

Oke deh langsung aja, ini dia Resep Kolak Pisang Fiber Creme ala Bunda Wafa

Bahan
  • Pisang nangka/tanduk 500 gram (pilih yang matang sempurna supaya rasanya manis dan legit)
  • Ubi 1 buah ukuran besar (kurang lebih 150 gram)
  • Labu kuning 1/3 bulatan ukuran sedang (kurang lebih 250 gram)
  • Kolang-kaling 250 gram
  • Air secukupnya
  • Gula aren (aku pakai 2,5 buah yg ukuran besar)
  • Garam 1 sdt
  • Daun pandan 4 lembar
  • Fiber Creme 3-4 sendok
Cara Membuat
  1. Didihkan air, lalu masukkan kolang-kaling serta ubi dan labu kuning yang telah dipotong dadu. Tunggu sampai empuk.
  2. Setelah ubi, labu kuning, dan kolang-kaling hampir empuk, masukkan pisang, daun pandan, garam, dan gula aren yang telah disisir halus.
  3. Setelah semua bahan empuk dan gula aren larut sempurna, baru tambahkan fiber creme (tingkat kekentalan bisa disesuaikan dengan selera masing-masing ya).
  4. Koreksi rasa, jika kurang manis bisa ditambahkan gula pasir (kalau aku biasanya full pakai gula aren).
  5. Hidangkan selagi hangat.

Nah, gimana, gampang banget kan, tinggal cemplung-cemplung aja hehe, praktis, nggak perlu meras santan.

Trua, rasanya gimana?. Menurutku sih enak, tapi kalo belum biasa, mungkin ada rasa-rasa creamy yang agak berbeda kalau kita pakai santan kelapa asli. Jadi rasa gurihnya mungkin beda sedikit ya.

Baca juga :

Trus gimana tipsnya biar kolaknya enak ?
  • Pilih pisang yang matangnya sempurna (kalau aku pilih yang hampir busuk, kulitnya udah ada item-itemnya gitu, trus tekstur dalamnya empuk). Soalnya kalau pisangnya belum matang, rasanya cenderung masam, udah gitu agak keras pula, jadinya kurang nikmat di lidah hehe.
  • Pilih gula aren atau gula jawa asli. Kalo kata ibuku, salahsatu ciri gula jawa/gula aren asli itu, teksturnya lebih empuk, jadi cenderung gampang diiris, beda halnya sama gula jawa/gula aren yang nggak asli. Memang, dari segi rasa, lumyana beda lho, kalo kita pakai gula jawa/gula aren asli, rasanya jauh lebih legit dan aromanya wangi-wangi gimana gitu hehe.
Nah, itu dia resep dan tips membuat kolak pisang fiber creme ala aku, mudah-mudahan bermanfaat ya, selamat mencoba :)


2 Comments

  1. Ini sih kolak pisang sm ubi kesukaan kami sekeluarga. Udh beberapa kali bikin buat buka puasa, ih mau coba resepnya mbak ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mbak Ella sudah mampir, iya bulan puasa kurang afdol ya kalo ga bikin kolak,ayok Mbak dicoba resepnyaa :)

      Delete