7 Ide Bisnis yang Menjanjikan di Era New Normal. Patut Dicoba!


Assalamualaikum teman, gimana kabarnya? Apakah kalian masih asyik rebahan?.

Memang, konon, hanya dengan rebahan kita bisa membantu mengurangi beban pemerintah dalam mengatasi pandemi COVID-19 ini.

Tapi, yakin nih mau rebahan aja? Padahal di era new normal ini, banyak lho peluang usaha yang justru makin bersinar ditengah banyaknya bisnis yang lesu akibat diberlakukannya PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar).

Ya, tidak bisa dipungkiri, masa new normal ini juga berpengaruh terhadap bergesernya perilaku belanja masyarakat, imbasnya ada sebagian industri/jenis usaha yang terkena dampaknya. Namun, ada juga sebagian jenis usaha yang justru semakin berpeluang menambah pundi-pundi rupiah kita.

Melansir dari detik.com, New normal adalah langkah percepatan penanganan COVID-19 dalam bidang kesehatan, sosial, dan ekonomi. Skenario new normal dijalankan dengan mempertimbangkan kesiapan daerah dan hasil riset epidemiologis di wilayah terkait.

Nah, adanya new normal ini juga bisa kita manfaatkan untuk menjual produk-produk atau jasa yang sedang banyak dibutuhkan masyarakat berkenaan dengan diberlakukannya PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), apa saja bisnis tersebut? Yuk simak!




1. Frozen Food

Banyak pasar yang ditutup sementara membuat sebagian dari kita kesulitan untuk membeli bahan makanan, baik bahan mentah maupun makanan siap saji. Sehingga, frozen food bisa menjadi solusi. Selain praktis dalam penyajian, frozen food juga aman disimpan dalam jangka waktu yang lama karena suhu freezer membuat pertumbuhan bakteri menjadi terhambat sehingga masa expired pun jadi lebih lama 

Jenis frozen food yang bisa kalian coba misalnya bakso, nugget, aneka kudapan seperti risoles, roti, pizza, dimsum juga saat ini yang sedang booming yakni makanan ala-ala korea seperti tomyam misalnya.

2. Alat Sanitasi & Pelindung Diri

Personal hygiene sekarang menjadi sebuah kebutuhan, karena itulah yang bisa menghindarkan kita dari infeksi penularan virus yang berasal dari Kota Wuhan ini.

Maka, pantas saja jika saat ini banyak orang berbondong-bondong membuka usaha konveksi masker, membuat hand sanitizer, juga faceshield

Ya, di era new normal ini, semua barang tersebut seolah sudah menjadi kebutuhan primer yang wajib dimiliki.

3. Sayuran dan Buah-buahan Online

PSBB juga membuat sebagian orang malas pergi ke tempat-tempar ramai seperti pasar, terlebih saat ini tidak sedikit pasar yang harus ditutup sementara karena adanya pedagang yang positif COVID setelah dilakukan serangkaian tes.

Maka, saat ini pun banyak bermunculan bisnis sayur dan buah-buahan online, terlebih adanya pandemi ini juga membuat banyak orang lebih peduli dengan kesehatan sehingga lebih sering mengonsumsi sayur dan buah untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Untuk kalian yang ingin mencoba bisnis ini, kalian bisa bekerjasama dengan pedagang sayur dan buah yang ada di dekat rumah kemudian kalian tinggal memasarkan produk via sosmed atau marketplace misalnya, atau bahkan membuat web/aplikasi khusus supaya lebih praktis.

4. Jus dan Minuman Herbal

Adanya pandemi COVID-19 ini juga membuat kita yang tadinya senang mengonsumsi minuman kekinian yang tidak sehat kini berbelok arah untuk mencoba aneka minuman sehat seperti jus dan herbal.

Selain modalnya murah dan mudah didapat, proses pembuatannya pun terbilang sederhana karena tak perlu menggunakan alat dan mesin yang rumit, bahkan bisa dilakukan hanya bermodalkan juicer/blender dan alat lain yang ada di dapur kita, namun yang terpenting, jaga higienitas dan jangan lupa sertakan tanggal kedaluwarsanya ya, karena minuman seperti ini biasanya tidak bertahan lama di suhu ruang.


5. Trainer/Pengajar Online

Banyaknya industri yang terpaksa gulung tikar membuat kita jadi tersadar akan pentingnya kerja remote. Jika sebelumnya kita memandang sebelah mata terhadap orang-orang yang bekerja dari rumah, namun kini kita jadi sadar bahwa dari dalam rumah pun kita bisa banyak menghasilkan pundi-pundi rupiah. 

Sehingga wajar saja jika training online kini sedang banyak diminati, misalnya training bisnis, training desain grafis, training memasak dan membuat kue, bahkan training lain seperti training psikologi karena saat ini banyak dari kita yang tak sadar mengalami gangguan mental akibat pandemi ini.

Kalau saya sendiri, saat ini sedang gencar mengikuti training home schooling, karena anak saya tahun depan akan masuk sekolah, jika pandemi belum berakhir, maka home schooling bisa menjadi alternatif.

Maka, buat kalian yang punya ilmu atau keahlian khusus, jangan ragu mencoba untuk mencoba peruntungan di bisnis ini.


6. Online Shop yang Menjual Kebutuhan Sehari-hari

Bisnis kebutuhan sehari-hari saat ini juga sedang banyak diminati, karena sebagian orang malas bahkan takut untuk pergi ke supermarket, maka bisnis yang satu ini juga patut kalian coba.

Kalian bisa coba menjual produk kebutuhan sehari-hari secara online baik di sosmed, web/aplikasi, maupun marketplace. Produk yang bisa kalian jual diantaranya bahan sembako, alat kebersihan diri (toiletries), skincare, alat kebersihan rumah, produk bayi/balita, dan lain-lain.

7. Bisnis Jasa Pengiriman/Kurir

Industri jasa pengiriman/kurir di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Hal ini seiring dengan pertumbuhan perdagangan online di Indonesia yang tinggi. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, dalam 10 tahun terakhir industri e-commerce Indonesia mengalami peningkatan hingga 17 persen dengan total jumlah usaha e-commerce mencapai 26,2 juta unit.

Terlebih sejak pandemi kemarin, banyaknya masyarakat yang lebih memilih berbelanja secara online membuat jasa pengiriman/ekspedisi mengalami peningkatan yang cukup besar 

Berdasarkan informasi di website supplychain Indonesia, Sejak penyebaran Virus Corona di Indonesia, sejumlah perusahaan jasa pengiriman barang mencatat adanya kenaikan pengiriman barang mencapai 80%. 

Saat ini, industri kurir yang berfokus pada pengiriman paket secara cepat atau last mile delivery mengalami lonjakan pengiriman, terutama pada komoditas pangan dan barang-barang kebutuhan pokok. Jenis barang yang mengalami peningkatan pengiriman di antaranya adalah produk makanan, sayur dan buah-buahan, alat kesehatan, serta bahan kimia untuk cairan pembersih.

Maka, untuk kalian yang memiliki modal  (dan keberanian) yang lebih besar, hhe, kalian bisa mencoba peruntungan di bisnis logistik/jasa pengiriman, karena di era new normal seperti ini, bisnis tersebut terbilang sangat prospektif, karena orang-orang cenderung lebih senang berbelanja secara online dibanding harus keluar rumah.

Kalau kalian punya modal yang besar, kalian bisa membangun sistem dan brand sendiri, namun jika modalnya terbatas, kalian bisa membangun bisnis secara franchise



Nah, itu tadi 7 bisnis yang bisa kalian coba di era new normal ini, silakan pertimbangkan berdasarkan modal, waktu, dan tenaga yang kalian punya. Yuk, manfaatkan peluang yang ada, bukankah salahsatu poin dalam berbisnis adalah bagaimana kita bisa menjawab permasalahan yang ada di masyarakat. Seperti di era new normal ini, tentu banyak sekali masalah yang ditimbukan, dan pastikan bisnis kita bisa menjadi salahsatu "solusinya" :)

O ya, perubahan akibat new normal ini tak hanya dirasakan para pengusaha saja, namun para karyawan/pekerjaan kantoran pun mau tidak mau harus ikut beradaptasi untuk mengurangi penularan virus Covid-19 yang lebih besar, hal tersebut diceritakan oleh rekan saya, Mbak Erin yang merupakan salahsatu karyawan sekaligus momblogger, ia berbagi cerita tentang Adaptasi Kebiasaan Baru Menghadapi  Era New Normal di Tempat Kerja di blog pribadinya.

Demikian, semoga tulisan saya mencerahkan, dan bisa menambah insight baru seputar bisnis di era new normal.

Salam Hangat


Meila Hani

6 Comments

  1. Aku pengin buka usaha sampingan jual frozen food nih, Mba. Hehe
    Sebetulnya kalau ngomongin rizky dalam kondisi apa pun, Allah pasti ngasih kemudahan ya, Mba Mei karena setiap orang punya rezekynya masing-masing. Tergantung diri sendiri saja mau usaha atau nggak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mbak, rzeki udah dijamin, yg penting ikhtiar aja ya Mbak.. Sukses untuk bisnisnya yaa, aku juga pernah kepikiran mau bisnis Frozen food soalnya lagi happening ya, tapi waktunya belum memungkinkan hhe. Mangatss Mba

      Delete
  2. Nah, iya, di era new normal ini banyak yang mengambil peluang buat bikin bisnis baru. Kaya frozen food, sayuran segar siap antar, terus banyaknya yang cari kursus atau kelas online juga bisa jadi peluang. Terima kasih sharingnya, ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya teh banyak peluang ya di era new normal kaya gini, sambil berbisnis sambil niatin buat bantu orang juga ya, karena di masa sekarang orang-orang lagi susah keluar rumah.

      Delete
  3. Bisnis kedai kopi masih relevan gak sih disaat pandemic ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya masih Kak, soalnya penggemar kopi kan banyak, dari berbagai kalangan & usia. Di daerah saya banyak kedai kopi yg masih buka, yg sistemnya delivery pun banyak. Kalau konsepnya dine in, pastikan ikuti protokol kesehatan yg diberlakukan pemerintah. Sepemahaman saya sih seperti itu Kak :). Makasih sudah berkunjung

      Delete