Resep Bolu Pandan Santan


Assalamualaikum temans, udah lama ya aku nggak nulis di blog, bingung juga mau nulis apa hhe. Karena nggak ada ide akhirnya kuputuskan untuk nulis resep aja deh, karena beberapa hari yang lalu aku baru bikin bolu pandan santan.

Sebenarnya aku lumayan sering bikin bolu pandan karena memang orang rumah pada suka, terutama suamiku, karena dia memang lebih suka sama bolu atau cake yang cita rasanya jadul-jadul gitu. Tadinya mau bikin bolu panggang biasa, tapi aku kurang suka sih soalnya rasa menteganya tuh dominan banget.

Kalo anak-anak sebenernya suka bolu pandan, tapi nggak yang suka banget gitu, kalo mereka biasanya lebih suka brownies, apalagi Naura, dia udah request brownies dari jaman kapan, tapi karena aku nggak punya stok DCC dan males mau ke TBK akhirnya aku bikin kue yang bahan-bahannya ada di rumah aja.

Baca juga :

Nah, resep yang aku buat ini menurutku simpel banget dan insyaallah anti gagal asalkan ikuti step-stepnya dengan baik.

O ya, untuk pandannya, aku pake pasta pandan aja karena lagi males bikin jus pandannya, harus metik di teras terus nge-blender dll, jadinya aku pake pasta aja deh biar simpel hehe.

Kalo gitu, langsung aja yuk ke bahan dan cara membuatnya.

Bahan 

Telur 5 butir (ukuran sedang/besar)
Gula pasir 200 gram
Terigu segitiga 200 gram
SP 1/2 sdt
Santan Kara (ukuran 65 ml) 2 bungkus
Minyak sayur 50 ml
Pasta pandan secukupnya

Toping : bebas (aku pake butter cream dan keju parut)

Cara Membuat

1. Kocok telur, gula pasir, dan SP menggunakan mixer kecepatan tinggi hingga mengembang dan warnanya putih pucat kaku (kental berjejak).
2. Masukkan terigu yang telah diayak lalu mixer dengan kecepatan paling rendah sebentar saja.
3. Masukkan santan, pasta pandan, dan minyak, lalu aduk menggunakan spatula.
4. Tuang adonan ke dalam loyang, hentakkan supaya tidak ada gelembung udara (Aku pake loyang tulban ukuran standar).
5. Panggang di suhu 180 derajat celcius selama 30 menit. (Suhu dan lama pemanggangan disesuaikan dengan oven masing-masing ya).
6. Setelah matang, angkat lalu dinginkan kemudian oleskan dengan butter cream dan beri topping berupa parutan keju.

Baca juga :

Tips Membuat Bolu Pandan Santan

1. Supaya bolu lebih awet dan tahan lama, sebaiknya santan yang akan digunakan kita didihkan terlebih dahulu kemudian didinginkan sebelum dimasukkan ke dalam adonan, karena yang namanya santan kan biasanya cepat basi ya temans, dengan dimasak terlebih dahulu santannya, insyaallah membuat bolunya jadi lebih awet.

2. Untuk tips supaya bolu mengembang sempurna, sama aja sih kayak teknik membuat bolu pada umumnya. Misalnya, telur yanh digunakan harus betul-betul suhu ruang, panaskan oven sebelum digunakan, jangan overmix saat mengaduk adonan, dan lain-lain.

3. Bisa nggak sih ditambah baking powder supaya lebih mengembang? Bisa, tapi aku kurang suka, soalnya rasanya jadi agak getir gitu, selain itu bolu juga gampang mengeras menurutku, jadi aku lebih suka mengembang alami aja pakai telur dan sedikit bantuan dari SP.

Nah, itu dia resep bolu pandan santan yang biasa aku buat, mudah-mudahan bermanfaat ya, selamat mencoba, semoga berhasil!

Salam



Meila Hani

1 Comments

  1. Mau nyoba ni, Mbak. Bolu pandan yang dijual di toko umumnya pakai mentega. Kurang suka dengan mentega. Takut kolesterol.

    ReplyDelete