Resep Marmer Cake Jadul

Assalamualaikum, 
Lama banget ya udah nggak nulis di blog hihi, saking bingungnya mau nulis apa jadinya mari kita nulis resep aja, lumayan sembari bebersih blog yang rada berdebu ini wkwkw.

Nah, kemarin ceritanya aku abis bikin marmer cake alias bolu marmer atau kadang orang ada yang bilang bolu macan, bolu zebra, tapi menurutku rasanya sama- aja sih, intinya kan cake yang ada motifnya gitu ya, jadi minimal ada dua warna.

Baca juga :

Sebenarnya aku udah pernah bikin bolu ini, dulu, sekitar 2 atau 3 tahun lalu untuk snack arisan keluarga dan pada saat itu aku belum punya oven, jadinya aku kukus aja. Nah karena sekarang ada oven jadinya marmer cakenya aku panggang aja supaya lebih wangi dan teksturnya juga bagus.

Resep ini aku lihat dari YouTube Channel Calista Kitchen, bahan-bahannya simpel banget karena sebenarnya marmer cake itu sama kayak bolu jadul biasa, hanya karena ada coraknya jadi disebut marmer cake, gitu sih setau aku.

Yuk ah mari kita ke bahan dan cara membuatnya!

Baca juga :

Bahan:

Telur 4 butir (ukuran besar & suhu ruang)
Gula pasir 175 gram
SP 1 sdt
Vanili bubuk 1/4 sdt
Terigu protein sedang 200 gram
Baking powder 1/2 sdt 
Mentega 200 gram cairkan
Pasta coklat/mocca sesuai selera

Cara Membuat:

1. Cairkan mentega (jangan sampai mendidih) lalu dinginkan di suhu ruang.

2. Panaskan oven suhu 180 derajat celcius selama 15-20 menit.

3. Mixer telur, gula, dan SP menggunakan kecepatan paling tinggi sampai putih dan kental berjejak.

4. Masukkan terigu yang sudah diayak, baking powder, dan vanili (Memasukkan terigunya sedikit-sedikit ya) kemudian mixer dengan kecepatan paling rendah, jangan overmix ya, yang penting tercampur saja.

5. Masukkan mentega cair lalu aduk menggunakan spatula atau pakai mixer sebentar saja di kecepatan paling rendah. Jangan sampai ada mentega yang tertinggal di bawah adonan ya!

6. Bagi adonan menjadi 2 adonan, adonan putih (adonan asli) dan adonan coklat (adonan ini diberi beberapa tetes pasta coklat/mocca), o ya untuk adonan coklat jumlahnya harus lebih sedikit dari adonan putih karena hanya untuk corak saja.

6. Masukkan adonan putih/adonan asli ke dalam loyang tulban ukuran standar (aku lupa 22 atau 24 cm ya hhe), loyangnya harus sudah diolesi mentega dan terigu atau pakai baking paper juga boleh. Lalu timpa dengan adonan coklat, lakukan selang-seling/bertingkat sampai adonan habis, terakhir, yang paling atas adalah adonan coklat kemudian buat ukiran menggunakan lidi (abstrak aja bentuknya hehe).

7. Hentakkan loyang supaya tidak ada gelembung udara.

8. Panggang adonan menggunakan oven pada suhu 180 derajat celcius menggunakan api atas-bawah selama kurang lebih 30 menit (suhu dan lama memanggang tergantung oven masing-masing ya) 

Baca juga :

Nah, gimana, mudah-mudahan bermanfaat ya resepnya :) Selamat mencobaaa. 


Salam


Meila Hani

0 Comments